Fakta Unik Ikan Mas Koki

By willa widiana, Rabu, 15 November 2017 | 05:45 WIB
Ikan mas koki jenis Bubble Eye. (willa widiana)

Teman-teman pasti sudah tahu dengan ikan mas koki. Hewan ini punya tubuh agak bulat dengan ekor yang menjuntai. Ikan mas koki juga punya tubuh yang berwarna cerah, semakin lucu deh pokoknya. Di balik kelucuan ikan mas koki, ada beberapa fakta yang harus Teman-teman ketahui, nih!

Fakta 1 – Ikan Mas

Nenek moyang ikan mas koki sebenarnya tak jauh berbeda dengan ikan mas biasa. Hanya warna tubuhnya saja yang lebih cerah. Namun, manusia melakukan perkawinan silang pada nenek moyang ikan mas koki. Akhirnya, ikan mas koki yang ada saat ini punya bentuk yang berbeda-beda dan unik.

Karena perkawinan silang itu, jenis ikan mas koki semakin banyak. Diperkirakan, ikan mas koki di dunia sudah mencapai 130 jenis. Setiap jenis punya bentuk yang berbeda-beda. Ikan mas koki oranda bertubuh bulat dengan benjolan di kepala. Kalau ikan mas koki jenis bubble eyes punya gelembung unik di matanya. Pokoknya beragam, deh!

Fakta 2 – Berumur Panjang

Ikan mas koki punya umur yang cukup panjang, yakni 7 – 10 tahun. Supaya bisa berumur panjang, kita harus memeliharanya dengan teliti dan benar. Jika tidak, ikan mas kokinya hanya akan hidup selama 6 bulan, bahkan kurang. Kasihan, ya!

Fakta 3 – Berukuran Besar

Kita sering menganggap ikan mas koki sebagai ikan kecil. Padahal, ikan mas koki bisa tumbuh hingga 30 cm. Namun, tidak semua ikan koki bisa tumbuh besar seperti itu.

Fakta 4 – Berubah Warna

Beberapa ikan mas koki akan berubah warna saat mulai dewasa. Ikan mas koki lainnya akan berubah warna saat usianya semakin tua. Warna ikan mas koki yang semakin tua biasanya berubah menjadi putih.

Baca juga: Hatchetfish, Si Ikan Hantu

Fakta 5 – Ribuan Telur

Ikan mas koki berkembang biak dengan cara bertelur. Ikan mas koki betina bisa mengeluarkan ribuan telur. Sayangnya, ikan mas koki sering memakan telur mereka sendiri. Padahal, telur-telur itu akan menetas dalam waktu dua hari.

Itulah fakta seputar ikan mas koki. Adakah di antara Teman-teman yang memelihara ikan mas koki?

Teks: Aliny/Willa, Foto: Creative Commons