7 Manfaat Memelihara Bibit Tanaman Bagi Anak-Anak

By Sylvana Toemon, Rabu, 15 November 2017 | 05:30 WIB
Manfaat memelihara bibit tanaman (Sylvana Toemon)

Apakah kamu pernah mendapat tugas untuk memelihara bibit tanaman dari sekolah? Itu ada manfaatnya bagi kita, lo. Apa sajakah manfaatnya?

1. Memahami proses pertumbuhan. Dengan memelihara bibit, kita akan menyaksikan pertumbuhan tanaman kita. Kita akan lebih mudah memahaminya karena menyaksikannya secara langsung.

2. Menumbuhkan kecintaan anak pada alam. Saat memelihara bibit tanaman, tentunya kita akan berhubungan dengan alam. Makin sering kita berhubungan dengan alam, makin cinta kita pada alam.

3. Melatih kesabaran. Tanaman yang kita tanam tidak dapat langsung tumbuh besar seperti yang kita inginkan. Perlu beberapa waktu lamanya tergantung jenis tanamannya. Perlu kesabaran untuk melihat tanaman kita bertumbuh.

4. Melatih ketekunan. Memelihara bibit tanaman harus dilakukan setiap hari. Misalnya kita menyiramnya setiap hari dan memastikan tidak ada hewan atau tumbuhan lain yang mengganggunya. Kegiatan ini akan melatih ketekunan kita.

5. Lebih menghargai makanan. Beberapa jenis makanan, seperti sayur-sayuran yang bergizi, berasal dari tanaman. Sering kali kita malas memakannya kemudian membuangnya. Apabila sudah menanamnya dengan susah payah dan perlu waktu lama, tentunya kamu akan merasa sayang untuk membuangnya.

6. Membuat badan aktif bergerak. Pada saat memelihara tanaman, tentunya kita harus bergerak. Kita harus mengganti tanah dan potnya, kita harus menyiramnya setiap hari. Kadang-kadang kita juga harus mengusir hama. Itu membuat badan kita aktif bergerak.

7. Belajar bertanggung jawab. Dalam memelihara tanaman, kita juga belajar bertanggung jawab. Tanaman yang kita tanam adalah tanggung jawab kita. Kita harus memeliharanya dengan tekun sampai tumbuh besar.

Nah, kalau sudah tahu banyak manfaatnya, pasti kamu juga ingin memelihara bibit tanaman, kan? Bibit tanaman apa yang ingin kamu tanam?