Octobot, Robot Bertubuh Lunak

By Sylvana Toemon, Jumat, 17 November 2017 | 00:10 WIB
Octobot, robot bertubuh lunak (Sylvana Toemon)

Robot biasanya terbuat dari bahan yang kaku. Gerakannya pun kaku. Tak heran bila ada orang yang gerakannya kaku kemudian dikatakan seperti robot. Robot yang satu ini berbahan lunak dan elastis. Namanya Octobot.

Baca juga: Robot

Inspirasi dari Octopus

Octobot terinspirasi dari octopus alias gurita. Hewan bertubuh lunak yang memiliki 8 lengan ini telah lama menjadi inspirasi para ilmuwan. Lengannya yang banyak itu memudahkannya untuk mencari makan di dasar lautan. Tubuhnya elastis sehingga dapat menyelipkan diri di celah sempit. Sifat-sifatnya cocok untuk menjadi penolong bagi manusia.

Baca juga: Robot Gurita Pengambil Barang

Berbahan Silikon yang Elastis

Octobot terbuat dari karet silikon berbadan lunak. Ukurannya tidak lebih besar dari telapak tangan. Seperti octopus, Octobot memiliki banyak lengan. Lengan-lengan inilah yang kemudian diprogram untuk membantu manusia. Octobot menggunakan bahan bakar hidrogen peroksida sebagai bahan bakarnya. Setiap mili liter bahan bakar ini dapat menggerakkan Octobot selama 8 menit. Versi lebih besarnya dapat bergerak lebih lama tergantung pada jumlah bahan bakarnya. Bagian dalam robot ini hampir sama seperti robot lainnya. Ada bagian yang menjadi “otak” robot. Bagian ini dilapisi dengan bagian yang lunak dari karet silikon. Karet silikon juga sekaligus menjadi pelindung bagian inti robot.

Saat ini Octobot dikembangkan sebagai robot yang dapat memberikan tanggapan, tidak hanya melakukan sesuatu yang diprogramkan.