30 Doradus, Nebula Tarantula

By Sylvana Toemon, Rabu, 15 November 2017 | 10:10 WIB
30 Doradus, Nebula Tarantula (Sylvana Toemon)

Nebula ini terlihat seperti memiliki kaki-kaki. Sekilas terlihat seperti laba-laba tarantula, laba-laba terbesar yang hidup di Bumi. Nebula bernama 30 Doradus lebih dikenal dengan nama Nebula Tarantula.

Baca juga: Nebula, Awan Antariksa

Nebula yang Menarik Perhatian

Nebula ini sudah sejak lama dari Bumi diamati dari Bumi. Pada abad 18, sudah ada yang mengamati nebula ini. Pada saat itu, nebula yang terang ini dikira sebagai sebuah bintang. Dengan bertambah canggihnya teknologi, saat ini nebula itu dapat dilihat dengan lebih jelas. Teleskop Hubble pernah mengeluarkan foto nebula ini untuk merayakan hari jadinya yang ke-22. Nebula yang besarnya sekitar 650 tahun cahaya ini menjadi bahan penelitian yang menarik bagi para astronom.

Baca juga: Nebula Caldwell 49, Nebula Berbentuk Mawar

Ada Banyak Bintang di Dalamnya

Nebula Trantula terletak sekitar 160.000 tahun cahaya dari Bumi. Letaknya di Awan Magellan Besar, yang dapat dikatakan letaknya tidak terlalu jauh dari Galaksi Bimasakti. Ada banyak bintang yang menjadi bagian dari nebula ini. Beberapa di antaranya sangat aktif. Apabila dilihat dari Bumi, nebula ini hanya dapat dilihat dari belahan Bumi selatan.

Baca juga: Nebula Abell 33, Nebula Cincin Berlian

Dua Supernova

Pada tahun 2010, sekelompok astronom mempelajari nebula tersebut. Mereka menggunakan analisis data dan pemodelan komputer yang canggih. Mereka sampai pada kesimpulan bahwa bentuk nebula yang unik itu karena gabungan 2 supernova. Kedua supernova itu terjadi pada waktu yang berbeda. Beberapa bagian pada nebula ini terjadi karena ledakan supernova yang lebih tua. Beberapa bagian lainnya dari supernova yang terjadi kemudian. Perpaduannya terlihat seperti laba-laba raksasa.