Mengenal Okarina, Alat Musik Tiup dari Tanah Liat

By Putri Puspita, Kamis, 16 November 2017 | 04:18 WIB
Okarina (Putri Puspita)

Okarina, sebuah alat musik tiup yang sangat unik karena terbuat dari tanah liat. Alat musik ini diproduksi di Indonesia, lo!

Sejak Zaman Batu

Okarina adalah alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik ini sejenis peluit, tapi bahan pembuatnya adalah tanah liat. Suaranya juga sangat khas.

Baca juga: Alat Musik dari Tanah

Okarina sebenarnya adalah alat musik kuno yang diperkirakan sudah ada sejak 12.000 tahun yang lalu atau pada saat zaman batu. Kata okarina berasal dari bahasa Italia yang artinya angsa kecil.

Pembuatan Okarina ini gampang-gampang susah karena harus memperhatikan tingkat kemiringan dan posisi lubang-lubang untuk mengeluarkan suara. Okarina dibuat dengan teknik pitching, yaitu membentuk sendiri tanah liat dengan tangan lalu memberi lubang dengan tusukan. Kemudian, tanah liat yang sudah berbentuk Okarina ini dibakar.

Khas Jatiwangi

Okarina ditemukan dari berbagai kebudayaan dengan variasi bentuk, terutama di Afrika, China, Meksiko, dan tentu saja Indonesia. Daerah di Indonesia sebagai pusat pembuatan Okarina adalah Jatiwangi, Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Daerah ini memang terkenal sebagai pusat kerajinan tanah liat. Pada November, 2015 pernah diadakan festival di Jatiwangi yang menampilkan ratusan Okarina.

Teks dan Foto: Putri Puspita | Bobo.ID