Ikan Buntal Totol, Ikan Buntal Air Tawar Asli Indonesia

By Sylvana Toemon, Minggu, 19 November 2017 | 00:10 WIB
Ikan Buntal Totol, ikan buntal air tawar asli Indonesia (Sylvana Toemon)

Ikan buntal ini kerap dijadikan sebagai ikan hias karena bentuknya yang lucu. Dari ratusan spesies ikan buntal, sebagian besar hidup di laut. Ada juga ikan buntal yang hidup di air tawar, lo.

Baca juga: Mengenal Ikan Buntal yang Beracun Tetapi Dapat Dimakan

Ikan Buntal dari Kalimantan dan Sumatra

Ikan buntal air tawar yang cukup terkenal adalah ikan buntal hijau totol (spotted green puffer). Kadang-kadang ikan ini disebut sebagai ikan buntal totol. Ikan buntal ini warnanya agak kehijauan dengan motif bertotol-totol. Ikan yang dapat menggembung ini hidup di sungai-sungai Kalimantan dan Sumatra.

Baca juga: Ikan Juga Bisa Capek Berenang

Hidup di Air yang Mengalir

Ikan buntal totol tidak terlalu suka berada di tempat terang. Mereka sering bersembunyi di balik dedaunan sambil menunggu mangsa yang lewat. Air sungai di tempat tinggalnya selalu mengalir. Ikan ini akan menjadi gelisah apabila dipindahkan ke tempat lain yang airnya tidak mengalir. Penggemar ikan hias yang ingin memeliharanya harus membuat air terus-menerus mengalir dalam akuarium.

Baca juga: Ikan Sapu-Sapu yang Suka Besih-Bersih

Karnivora yang Suka Menyendiri

Ikan buntal totol adalah karnivora, yang hidup dari memakan hewan lainnya. Makanannya siput, kerang, dan ikan-ikan lain yang lebih kecil. Ikan ini tidak terlalu suka bergaul. Ia suka menyendiri dan menjaga wilayahnya. Apabila ada yang berani mengganggu, ikan buntal totol tidak segan-segan untuk melawan.