Sering Pakai Gadget VR? Inilah Efek Buruknya Bagi Kesehatan

By Cirana Merisa, Kamis, 16 November 2017 | 05:15 WIB
penggunaan headset VR akan memunculkan masalah pendengaran. (Cirana Merisa)

Siapa yang suka menggunakan gadget Virtual Reality (VR)? Memang mengasyikan main game VR. Namun tahukah teman-teman kalau VR membawa efek buruk bagi kita?

Masalah Penglihatan

Ahli kacamata asal Australia yang bernama Karen Makin mengatakan bahwa kacamata VR bisa menyebabkan masalah pada mata. Syaraf-syaraf pada mata kita bisa menjadi tegang dan menyebabkan mata terasa kering. Masalah pada mata ini bisa menyebabkan kita menjadi pusing.

Baca juga: Apa Bedanya Augmented Reality dan Virtual Reality?

Masalah Pendengaran dan Keseimbangan

Menurut penelitian, penggunaan headset VR yang terlalu lama akan memunculkan masalah pendengaran bagi anak-anak. Tak hanya itu, lo. Keseimbangan tubuh kita juga bisa jadi bermasalah.

Para ilmuwan di Universitas Leeds, Inggris melakukan penelitian pada 20 anak berusia 8 hingga 12 tahun. Mereka diminta memainkan game VR selama 20 menit, kemudian diperiksa. Dari hasil pemeriksaan, ternyata beberapa anak mengalami gangguan jarak pendengaran dan keseimbangan.

Baca juga: Benarkah Main Game Membahayakan?

Didampingi Orangtua

Sebenarnya penggunaan gadget VR itu tidak dilarang. Namun, teknologi VR menyajikan dunia maya yang sangat berbeda dengan realitas. Maka itu setelah menggunakan gadget VR, terkadang anak-anak kesulitan membedakan dunia nyata dan dunia maya. Itulah kenapa ada baiknya teman-teman main game VR dengan didampingi orangtua.