5 Negara Ini Juga Punya Piramida Keren Seperti di Mesir

By Yomi Hanna, Kamis, 16 November 2017 | 06:15 WIB
Piramida Caius Cestius (Hanna Vivaldi)

Mesir terkenal dengan bangunan piramidanya yang megah. Sejak dulu hingga kini, sudah ada ratusan piramida di sana yang dapat menarik wisatawan untuk datang melihatnya secara langsung. Namun, tahukah teman-teman bahwa ada negara lain yang punya piramida keren seperti milik Mesir, lo. Negara apa saja, ya? Yuk, kita lihat informasinya di bawah ini!

1. Piramida Caius Cestius-Italia

Di Italia terdapat piramida yang merupakan peninggalan sejarah bangsa Romawi. Namanya adalah Piramida Caius Cestius yang terletak di kota Roma. Piramida ini dibangun antara abad ke 18 hingga 12 Sebelum Masehi. Tinggi Piramida Caius Cestius adalah sekitar 36 meter. Menurut para peneliti, piramida ini merupakan makam dari seorang Romawi yang kaya dan menyukai semua hal berbau Mesir.

2. Piramida Matahari-Meksiko

Di Meksiko terdapat Teotihuacan, yaitu peninggalan Suku Aztec. Ini berupa kawasan yang dulunya dijuluki sebagai ‘tempat kelahiran para dewa’. Kawasan tersebut terdiri dari banyak piramida, tapi ada satu piramida yang paling besar di antara piramida lainnya di sana. Namanya Piramida Matahari, ini adalah piramida utama yang tingginya mencapai 72 meter.

3. Piramida Guimar-Spanyol

Piramida Guimar yang ada di Spanyol adalah situs arkeologi yang baru ditemukan 26 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1990.  Piramida ini usianya masih muda karena baru dibangun pada abad ke-19. Sebagian arkeolog berpendapat bahwa piramida ini dibangun oleh penduduk asli di Kepulauan Canaria, yaitu Suku Guanche.

4. Piramida Tikal-Guatemala

Peninggalan terbesar Suku Maya salah satunya ada di Guatemala, Amerika Selatan. Yaitu berupa piramida yang dinamai Tikal. Bangunan ini diperkirakan sudah dibangun oleh Suku Maya sejak tahun 732 Masehi. Bentuk Piramida Tikal agak berbeda dari piramida biasanya sehingga dianggap memiliki keunikan tersendiri. Keunikan lainnya adalah bahan bangunan penyusunnya terbuat dari batu kapur yang disusun setinggi 47 meter.

5. Piramida Nubia-Sudan

Sudan adalah salah satu negara selain Mesir yang disebut juga sebagai negeri Piramida. Bahkan piramida di Sudan lebih banyak jumlahnya dibandingkan jumlah piramida yang ada di Mesir. Ada sekitar 200 buah piramida di sini yang kebanyakan berukuran kecil. Piramida-piramida ini banyak ditemukan di Nubia, yaitu daerah bagian utara Sudan, dekat Sungai Nil.