Capricorn, Setengah Kambing Setengah Ikan

By Cirana Merisa, Kamis, 16 November 2017 | 05:30 WIB
Rasi bintang yang berada di langit selatan ini berbentuk seekor kambing laut. (Cirana Merisa)

Capricorn adalah zodiak kesepuluh dalam urutan tahun astrologi. Rasi bintang yang berada di langit selatan ini berbentuk seekor kambing laut yang setengah tubuhnya merupakan kambing dan setengahnya lagi ikan.

Astronomi dan Astrologi

Persatuan Astronomi Internasional menyatakan bahwa Matahari akan berada di rasi bintang Capricorn mulai tanggal 21 Januari sampai 17 Februari. Namun rentang waktu orang yang berzodiak Capricorn menurut ilmu astrologi adalah dari tanggal 22 Desember sampai 19 Januari.

Baca juga: Sagittarius, Centaurus Pembawa Panah

Letak Rasi

Kalau teman-teman melihat ke langit selatan, rasi bintang ini akan dikelilingi oleh rasi bintang yang lain, lo. Di sebelah barat ada rasi Sagittarius dan rasi Microscopium, di sebelah timur ada rasi Aquarius, di sebelah utara ada rasi Piscis Austrinus, di sebelah selatan ada rasi Aquila.

Bintang

Rasi Capricorn memiliki total 49 bintang, termasuk di dalamnya ada 5 bintang yang memiliki planet sendiri. Ada 3 bintang yang paling terang di rasi ini yaitu Delta Capricorni atau Deneb Algedi, Alpha Capricorni atau Algedi, dan Beta Capricorni atau Dabih.

Baca juga: Taurus, Si Banteng yang Gagah

Mitologi Yunani

Dalam mitologi Yunani kuno, ada dua versi tentang Capricorn. Versi pertama menceritakan bahwa Capricorn adalah dewa yang bernama Pan. Demi menyelamatkan dirinya dari serangan monster Typhon, Dewa Pan terpaksa melompat ke air. Saat di air itulah, tubuh atasnya yang tidak masuk ke air berubah menjadi bentuk kambing dan tubuh bawahnya yang di dalam air berubah menjadi bentuk ikan.

Baca juga: Leo, Sang Singa yang Kuat

Versi lain dari rasi ini diceritakan bahwa pada saat Zeus lahir, ibunya yang bernama Rhea sangat takut suaminya, Kronos, akan memakan Zeus. Maka Rhea membawa Zeus ke Peri Kambing yang bernama Amaltheia. Amaltheia mengasuh dan membesarkan Zeus seperti anaknya sendiri. Maka itu, untuk menghormatinya, Zeus menempatkan Amaltheia di antara bintang-bintang di langit.

Itulah info mengenai rasi bintang Capricorn. Cari tahu rasi bintang lain dalam seri konstelasi zodiak, ya!