Trotoar Khusus Pengguna Ponsel

By Sylvana Toemon, Sabtu, 18 November 2017 | 09:10 WIB
Trotoar khusus pengguna ponsel (Sylvana Toemon)

Menggunakan telepon seluler (ponsel) sambil menunduk sudah jadi pemandangan biasa sekarang ini. Itu sebabnya trotoar khusus pengguna ponsel ini dibuat.

Baca juga: Bagaimana Trotoar yang Ideal?

Jalan Menunduk

Cukup banyak orang yang tidak bisa terlepas dari telepon pintarnya. Mulai dari anak-anak seperti kita sampai kakek nenek yang sudah berambut putih sering terlihat menunduk sambil mengamati layar ponselnya. Bahkan, saat berjalan pun mereka tetap menunduk sambil melihat layar ponselnya. Mereka tidak bisa melihat dengan jelas apa yang ada di mukanya karena menunduk. Mungkin saja mereka tertabrak orang lain, tersandung batu, tertabrak pohon, atau terjeblos di lubang.

Baca juga: Trotoar Melayang di Cihampelas

Trotoar Khusus

Banyaknya pengguna ponsel yang berjalan kaki membuat Pemerintah Kota Chongqing di Cina mengeluarkan kebijakan untuk membuat jalan khusus pengguna ponsel. Jalan khusus ini sebenarnya trotoar biasa yang diberi penanda kalau jalur ini khusus untuk pengguna ponsel. Ada gambar ponsel dan garis pembatas di trotoar ini. Jalur sebelahnya adalah jalur untuk pejalan kaki biasa.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Ditaati Pejalan Kaki

Di jalan khusus ini, mereka bisa berjalan sambil menunduk tanpa harus tertabrak orang lain yang sedang berdiri menunggu. Diharapkan dengan adanya trotoar ini, pejalan kaki bisa menggunakan ponsel dengan leluasa. Para pengguna ponsel juga tidak akan mengganggu orang-orang lain yang tidak sengaja tertabrak.