Dulu, Indonesia Diselimuti Es

By willa widiana, Kamis, 16 November 2017 | 09:35 WIB
Dulu, Indonesia Diselimuti Es (willa widiana)

Meski berada di daerah tropis, Indonesia pernah diguyur hujan es beberapa kali. Bicara soal hujan es, di zaman dulu, Indonesia diselimuti es, lo!

Indonesia di Khatulistiwa

Bumi dibagi dua oleh garis khatulistiwa atau garis ekuator. Garis ini juga disebut garis lintang nol derajat. Indonesia adalah salah satu negara yang berada di garis khatulistiwa. Negara yang ada di khatulistiwa biasanya punya iklim tropis dengan suhu yang cukup panas.

Diselimuti Es

716 juta tahun lalu, daerah khatulistiwa diselimuti es. Tak tanggung-tanggung, daerah khatulistiwa diselimuti es selama 120 juta tahun. Sayangnya, wilayah Indonesia belum terbentuk di zaman itu. Wilayah Indonesia baru terbentuk 50 juta tahun yang lalu.

Baca juga: Bunga Es, Hasil Keajaiban Alam

Teori Bola Salju

Para ilmuwan menemukan batuan es di lapisan tanah di Namibia. Padahal, Namibia berada di garis khatulistiwa. Berkat penemuan ini, para ilmuwan membuat teori bola salju.

Menurut teori bola salju, suhu udara di planet Bumi awalnya sangat panas. Saat itu, udara mengandung banyak karbondioksida. Lalu, muncullah makhluk hidup bernama alga di dalam air. Alga ini menyerap karbondioksida yang ada di udara.

Berkat para alga, gas karbondioksida di udara jadi berkurang. Suhu di planet Bumi mulai menurun secara perlahan. Lama-kelamaan, suhunya semakin dingin dan membuat permukaan air laut dan permukaan Bumi jadi membeku. Bahkan, daerah khatulistiwa juga ikut membeku.

Wah... wah... wah... ternyata planet Bumi di zaman dulu berbeda dengan Bumi di zaman sekarang. Kalau punya pilihan, Teman-teman ingin tinggal di waktu yang mana? Saat dingin atau saat panas? Hi..hi..hi..

Teks: Rna/Willa, Ilustrasi: Ode