Pohon Juga Ada yang Albino

By willa widiana, Kamis, 16 November 2017 | 09:45 WIB
Pohon redwood albino (willa widiana)

Albino biasanya terjadi pada manusia dan binatang. Namun ternyata, albino juga bisa terjadi pada tumbuhan. Pohon redwood ini contohnya.

Klorofil

Albino pada manusia dan hewan terjadi karena kekurangan zat warna tubuh atau pigmen. Sementara itu, albino pada tumbuhan terjadi karena kekurangan zat hijau daun atau klorofil. Karena kekurangan  zat klorofil, daun-daunnya jadi berwarna putih, seperti di cat.

Menempel

Karena tidak punya klorofil, pohon albino ini tidak bisa membuat makanannya sendiri. Supaya bisa hidup, akar pohon albino ini akan menempel pada akar pohon lain yang normal (tidak albino). Nah, dengan cara itulah pohon albino mendapat makan dan hidup.

Dijaga dan Diteliti

Sampai saat ini, para peneliti belum tahu kenapa pohon redwood ini bisa ada yang albino. Para peneliti terus melakukan penelitian. Supaya penelitiannya bisa dilakukan dengan mudah, pohon redwood albino itu juga dijaga, tidak ditebang.

Sedikit

Pohon redwood albino pertama kali ditemukan di California, Amerika Serikat pada tahun 1870an. Konon, pohon albino baru ditemukan di hutan-hutan daerah ini saja. O iya, sejak pertama kali ditemukan, jumlah pohon albino hanya ada 50. Sedikit sekali, ya!

Baca juga: 7 Hewan Bertubuh Putih

Dirahasiakan

Karena langka dan harus diteliti, beberapa pohon albino itu dirahasiakan oleh para peneliti. Jika tidak, peneliti khawatir, ada orang tak bertanggung jawab yang merusak pohon itu. Karena alasan itu, keberadaan pohon albino pun dirahasiakan sebagian.

Wah... tak disangka, ya, ternyata pohon juga ada yang albino!

Teks: Lita/Willa, Foto: Creative Commons