Ophiuchus, Sang Penyembuh yang Memegang Ular

By Cirana Merisa, Minggu, 19 November 2017 | 05:35 WIB
Ophiuchus tidak termasuk konstelasi zodiak, tapi dilintasi Matahari setiap tahun. (Cirana Merisa)

Ophiuchus tidak termasuk ke dalam konstelasi zodiak. Namun rasi bintang ini terletak di area yang dilintasi Matahari setiap tahunnya. Rasi bintang ini berbentuk manusia yang menggenggam ular.

Astronomi

Persatuan Astronomi Internasional menyatakan bahwa Matahari akan berada di rasi bintang Ophiuchus mulai tanggal 30 November sampai 18 Desember. Kalau dalam ilmu astrologi, rentang waktu ini masih termasuk ke dalam zodiak Scorpio. Rentang waktu Matahari berada di rasi ini juga lebih lama daripada Matahari di rasi Scorpio.

Baca juga: Capricorn, Setengah Kambing Setengah Ikan

Letak Rasi

Kalau teman-teman melihat ke langit selatan, rasi bintang ini akan dikelilingi oleh rasi bintang yang lain, lo. Di sebelah barat ada rasi Scorpio dan di sebelah timur ada rasi Sagittarius. Rasi ini juga terletak di antara rasi Hercules, rasi Aquila, dan rasi Serpens.

Rasi Ophiuchus membagi rasi Serpens yang berbentuk ular menjadi 2, lo. Itulah kenapa rasi ini terlihat seperti seseorang yang sedang menggenggam ular. Ular inilah rasi Serpens itu.

Baca juga: Sagittarius, Centaurus Pembawa Panah

Bintang

Rasi Ophiuchus memiliki total 62 bintang, termasuk di dalamnya ada 15 bintang yang memiliki planet sendiri. Ada 2 bintang yang paling terang di rasi ini yaitu Alpha Ophiuchi atau bintang Rasalhague dan Eta Ophiuci atau bintang Sabik.

Mitologi Yunani

Dalam mitologi Yunani kuno, rasi ini dihubungkan dengan kisah Asclepius. Asclepius adalah anak dari Dewa Apollo dan seorang perempuan biasa. Dari masih bayi, Asclepius dirawat oleh Chiron sang centaurus yang baik sehingga sifatnya pun menjadi baik. Karena Asclepius merupakan anak dewa, ia memiliki kemampuan untuk menyembuhkan orang sakit dan membangkitkan orang mati.

Baca juga: Scorpio,Si Kalajengking Raksasa

Zeus sebagai pemimpin para dewa, tidak suka kalau ada manusia yang memiliki kemampuan seperti dewa. Akhirnya Zeus membunuh Asclepius dengan petir. Apollo, yang merupakan ayah Asclepius, membangkitkannya dari kematian.

Asclepius lalu tingal di khayangan bersama dengan ayahnya dan menjadi dewa pengobatan. Ular menjadi lambang kebaikannya. Lambang Asclepius memegang ular juga diletakkan di antara bintang-bintang di langit.

Itulah info mengenai rasi bintang Ophiuchus. Cari tahu rasi bintang lain dalam seri konstelasi zodiak, ya!