Makanan Pokok di Beberapa Daerah Indonesia

By willa widiana, Kamis, 16 November 2017 | 11:05 WIB
Seorang ibu sedang membuat papeda. (willa widiana)

Teman-teman pasti sudah tahu kalau nasi adalah salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Namun, beberapa teman kita yang ada di daerah lain, belum tentu makan nasi. Mereka juga punya makanan pokok lain yang tak kalah enak dan mengenyangkan. Apakah itu? Daripada penasaran, lebih baik kita cari tahu bersama makanan pokok di daerah Indonesia.

Tiwul

Teman-teman kita di daerah Pacitan, Jawa Timur punya makanan pokok pengganti nasi. Namanya tiwul. Tiwul adalah tepung singkong yang dikukus. Rasanya gurih dan agak manis. Pada zaman penjajahan Jepang, tiwul sempat dijadikan makanan pokok bagi sebagian penduduk Indonesia.

Eloi

Teman-teman di daerah Nunukan, Kalimantan Utara juga punya makanan pokok pengganti nasi, lo! Namanya eloi. Makanan ini terbuat dari singkok yang diparut dan diambil tepung patinya. Sekilas, bentuknya mirip dengan papeda. O iya, tepung pati singkong ini harus direndam dalam air, supaya tahan lama. Namun, air rendamannya harus diganti setiap hari.

Baca juga: Mengenal Makanan Pokok di Negara Lain

Pisang Gapi

Kalau Teman-teman di daerah Sangir, Sulawesi Utara punya pisang gapi. Yap, mereka menjadikan pisang gapi sebagai makanan pokok pengganti nasi. Sama seperti nasi, pisang gapi dimakan dengan lauk. Namun, sebelum dimakan, pisang gapi harus direbus terlebih dahulu. Bagi mereka, makan pisang gapi sama kenyangnya seperti makan nasi.

Sagu

Sagu merupakan salah satu tanaman yang tumbuh subur di daerah timur Indonesia. Jadi, jangan heran kalau sagu dijadikan makanan pokok oleh Teman-teman di daerah Maluku dan Papua. Sagu bisa diolah menjadi berbagai makanan, salah satunya adalah papeda. O iya, sagu merupakan kaya serat, rendah kolesterol, dan mengenyangkan tentunya.

Nah, Teman-teman, itulah makanan pokok di beberapa daerah Indonesia. Apakah kamu pernah mencoba salah satunya?

Foto: Dok. Majalah Bobo