Susah Tidur? Lakukan Kebiasaan Ini

By willa widiana, Sabtu, 18 November 2017 | 10:35 WIB
Kebiasaan baik sebelum tidur (willa widiana)

Kebiasaan apa yang Teman-teman lakukan sebelum tidur? Menonton TV, minum, memasang alarm, atau ada kegiatan lain? Bicara soal kebiasaan sebelum tidur, ada beberapa kebiasaan baik yang bisa Teman-teman lakukan sebelum tidur.

Mandi

Mandi dengan air dingin sebelum tidur bisa menurunkan suhu tubuh kita. Dengan begitu, kita pun akan lebih mudah tertidur. Selain menurunkan suhu, mandi sebelum tidur juga bisa membersihkan badan dari bakteri yang menempel setelah seharian beraktivitas.

Jika cuaca sedang dingin, Teman-teman bisa menggunakan air hangat untuk mandi. O iya, mandi dengan air hangat bisa membuat otot-otot tubuh kita lebih santai. Selain itu, kualitas tidur kita pun akan lebih baik. Jadi, jangan lupa mandi sebelum tidur, ya!

Menulis

Terkadang kita mengalami susah tidur, karena ada kejadian yang mengganjal. Agar hal itu tidak terjadi, cobalah untuk menulis di buku harian. Dengan begitu, kejadiaan mengganjal yang terjadi di siang hari bisa terlimpahkan dan tidak akan mengganggu tidur kita. Selain membantu menumpahkan masalah yang ada di kepala, menulis juga bisa membantu kita tidur lebih cepat. O iya, menulis juga bisa membuat pikiran kita menjadi lebih bersih, lo.

Jauhkan Perangkat Elektronik

Jika sudah memasuki jam tidur, jauhkanlah semua peralatan elektronik yang biasa kita gunakan. Kenapa? Karena cahaya biru yang berasal dari perangkat elektronik, seperti TV, laptop, dan ponsel bisa mengganggu tidur kita.

Baca juga: Berapa Lama Kita Harus Tidur

Menyikat Gigi

Ternyata, menyikat gigi sebelum tidur itu harus dilakukan, lo. Bahkan, The American Dental Association menyarankan kita untuk gosok gigi sebanyak dua kali. Kenapa harus dua kali? Karena kalau hanya sekali, plak dan bakteri penyebab bau mulut bisa tumbuh dengan cepat.

Makan

Makan memang bisa mengganggu tidur kita. Bahkan, beberapa orang menyarankan kita untuk tidak makan sebelum tidur. Hal itu memang benar, tapi ada juga beberapa makanan yang membuat kita tertidur lebih cepat, contohnya adalah pisang dan kiwi. Selain membantu kita tidur lebih cepat, kedua makanan itu juga bisa membuat tidur kita lebih baik. Jadi, kalau kamu merasa lapar sebelum tidur, makanlah pisang atau kiwi sebagai snack pengganjal perut.

Ilustrasi: Ode/Katarina