Kepiting Ini Suka Melakukan Tarian Kemenangan

By willa widiana, Sabtu, 18 November 2017 | 05:05 WIB
Kepiting Ini Suka Melakukan Tarian Kemenangan (willa widiana)

Saat menonton bola, kita pasti pernah melihat beberapa tim melakukan selebrasi setelah berhasil mecetak gol. Ada yang salto, ada juga yang menari. Tarian itupun dinamai tarian kemenangan. Ternyata, kepiting juga ada yang suka melakukan tarian kemenangan, lo!

Perisesarma Eumolpe

Perisesarma eumolpe adalah kepiting yang hidup di daerah Indo-Pasifik. Kepiting yang tinggal di daerah hutan bakau ini sangat indah, lo! Bagian capitnya berwarna merah dan hitam. Tubuh bagian atasnya berwarna hitam kehijauan. Kalau kakinya berwarna ungu kehitaman. O iya, di cangkang di sekitar matanya berwarna biru langit. Indah, kan?

Kepiting Jantan

Beberapa waktu lalu, peneliti melakukan penelitian terhadap kepiting bakau ini. Dari hasil penelitian itu, peneliti jadi tahu kalau kepiting Perisesarma eumolpe jantan suka melakukan tarian kemenangan. Tarian ini dilakukan saat seekor kepiting jantan berhasil berhasil mengalahkan kepiting jantan yang lain.

Baca juga: Kepiting Makan Burung

Tarian kemenangan ini dilakukan di depan kepiting jantan yang kalah. Saat melakukan tarian kemenangan, satu capitnya akan dibalik ke bawah. Capit yang satunya lagi akan digesekkan ke atas dan ke bawah dengan cepat. Seperti itulah tarian kemenangan yang dilakukan oleh kepiting Perisesarma eumolpe jantan.

Kapok

Tarian kemenangan ini bertujuan untuk membuat kepiting jantan yang kalah bertarung kapok. Jika sudah kapok, kepiting jantan yang kalah tidak akan berani datang ke daerah itu lagi. Wah... secara tidak langsung, tarian kemenangan ini bisa mengamankan wilayah kekuasaan si kepiting. Tapi, ada beberapa kepiting jantan yang menantang bertarung lagi, meski sudah kalah.

Tak disangka, ya, ternyata kepiting Perisesarma eumolpe suka melakukan tarian kemenangan.

Foto: livescience