Cara Unik Burung Pelikan Mencari Ikan

By Putri Puspita, Sabtu, 18 November 2017 | 03:05 WIB
Cara Pelikan Mencari Ikan (Putri Puspita)

Burung pelikan adalah salah satu burung yang suka makan ikan. Mereka punya cara unik untuk mendapatkan ikan. Seperti apa caranya?

Uniknya Cara Mencari Ikan

Ternyata, setiap burung pelikan memiliki cara yang berbeda-beda untuk mendapatkan ikan.

Baca juga: Mengenal Burung Pelikan

Pelikan Putih atau Pelecanus erythrorhynchos adalah pelikan yang banyak kita temui di Indonesia. Mereka suka bekerja sama dalam satu kelompok saat mencari ikan.

Para burung pelikan akan membentuk formasi huruf “U” untuk mengepung dan menjebak ikan-ikan sampai ke pinggir air. Selain membentuk formasi, burung pelikan juga mengepak-ngepakkan sayapnya di permukaan air. Tujuannya adalah untuk mengarahkan ikan.

Baca juga: Manfaat Bunga Pelikan, Obat Penawar Gigitan Ular

Berbeda dengan pelikan putih, pelikan punggung pink dan pelikan paruh putul biasanya mencari ikan sendiri-sendiri, sedangkan pelikan cokelat atau Pelecanus occidentalis menangkap ikan dengan terjun dari ketinggian 3 – 9 m dari atas permukaan air.

Teknik Menuang Air

Saat ikan-ikan terjebak dan berkumpul di pinggiran air, burung pelikan membuka paruhnya untuk menangkap ikan. Nah, biasanya bukan hanya ikan, tetapi air di sekitarnya juga ikut masuk ke dalam kantung paruh. Namun, pelikan bisa menyiasatinya dengan mengarahkan paruhnya ke bawah untuk membuang air.  Setelah air dikeluarkan, baru ikan ditelan.  

Teks dan Foto: Putri Puspita | Bobo.ID