Kenali Para Pelaku Bullying

By willa widiana, Jumat, 17 November 2017 | 04:34 WIB
Kenali Pelaku-Pelaku Bully (willa widiana)

Bullying merupakan salah satu tindakan yang tidak terpuji. Bullying bisa dilakukan dalam berbagai cara, mulai dari tindakan fisik, ucapan, hingga pesan melalui media sosial. Selain mengenal jenis-jenis bullying, kita juga harus mengenal pelaku-pelaku bullying.

Bullies – pelaku bullying

Bullies adalah orang yang melakukan bullying. Menurut penelitian, bullying dilakukan karena beberapa hal, seperti iri, ingin disegani orang sekitar, hingga menyalurkan amarah.

Victims – korban bullying

Victims adalah korban bullying atau orang yang di-bully. Seseorang bisa menjadi korban bullying karena sering terlihat sendiri dan punya kepercayaan diri rendah. Namun, hal-hal lain juga bisa menjadi alasan, kenapa seseorang bisa menjadi korban bullying.

Baca juga: Kenali 4 Jenis Bully Ini!

Bystander – orang yang menyaksikan bullying

Bystander adalah orang yang menyaksikan perbuatan bullying. Bystander bisa dikelompokkan menjadi tiga, yakni defender, reinforce, dan outsider.

Defender adalah orang yang menyaksikan bullying. Saat melihat perbuatan bullying, orang ini membantu atau membela korban, supaya tidak di-bully lagi.

Reinforce adalah orang yang menyaksikan bullying. Namun, ia malah membantu atau ikut mem-bully korban, bukan membantu.

Outsider adalah orang yang menyaksikan bullying. Namun, orang-orang ini lebih memilih diam dan pura-pura tidak tahu.

Reinforce dan Outsider termasuk perbuatan yang mendukung bullying. Bahkan, orang yang ada di dua kelompok ini bisa disebut pem-bully pasif, karena membiarkan seseorang melakukan bullying.

Itulah pelaku-pelaku bullying. Semoga kita tidak termasuk ke dalam pelaku bullying.

Ilustrasi: Ode