Rumput Rasa Keripik

By willa widiana, Jumat, 17 November 2017 | 08:45 WIB
Rumput Rasa Keripik (willa widiana)

Ilmuwan di Australia menemukan rumput spesies baru. Ternyata, rumput itu punya rasa seperti keripik, lo!

Triodia scintillans

Rumput spesies baru itu bernama Triodia scintillans. Rumput yang tumbuh di Australia ini bisa tumbuh di tempat yang kering dan gersang. Masyarakat Aborigin sudah mengenal rumput ini sejak lama. Rumput ini suka dijadikan perekat oleh masyarakat aborigin. O iya, rumput ini juga sering digunakan untuk keperluan industri, lo!

Asin dan Asam

Saat menemukan rumput ini, peneliti membawanya ke labolatorium, untuk diteliti. Saat penelitian berlangsung, peneliti yang sudah memegang rumput ini, iseng menjilat tangannya. Ternyata, ada rasa asin seperti garam dan asam seperti cuka, mirip seperti rasa keripik.

Baca juga: Q’eswachaka, Jembatan Rumput Peninggalan Suku Inca

Hal itu membuat peneliti penasaran. Setelah diteliti, rasa asin dan asam itu berasal dari cairan yang ada di tangkai rumput muda. Hal itu cukup unik. Biasanya, tangkai rumput mengeluarkan cairan gula, bukan cairan garam yang asin.

Wah... keren, ya! Berkat keisengan salah seorang peneliti, kita jadi tahu kalau rumput ini mengeluarkan cairan asin, mirip seperti rasa keripik. Kira-kira, cairan asin itu bisa diubah menjadi garam atau tidak, ya?

Sumber: Kompas.com, Foto: Thomas Schoch melalui Kompas.com