Manusia Bernapas 30 Ribu Kali dalam Sehari

By Eka Kartika, Sabtu, 18 November 2017 | 07:35 WIB
Ilustrasi bernapas - menghirup bunga – Pixabay/ Jill111 (Eka Kartika)

Sebagai makhluk hidup, kita butuh oksigen untuk bernapas. Pernahkah teman-teman menghitung berapa kali kamu bernapas dalam satu hari?

Sistem Pernapasan Manusia

Kita bernapas dengan menghirup udara gas O2 (oksigen) dan mengeluarkan gas Co2 (karbondioksida). Pernapasan itu sama pentingnya dengan aktivitas jantung dalam memompa darah ke tubuh.

Walau semua makhluk hidup butuh bernapas, sistem pernapasan antara mahkluk hidup satu dengan lainnya pastilah berbeda. Sistem pernapasan manusia, lebih rumit dibandingkan dengan sistem pernapasan makhluk hidup lainnya.

Untuk bernapas, di tubuh kita terdapat sistem alat pernapasan.Mulai dari hidung, tenggorokan (faring), pangkal tenggorokan (laring), batang tenggorokan (trakea), bronkus, bronkiolus, sampai paru – paru (pulmo). 

Berapa Kali Manusia Bernapas?

Ternyata, jumlah pengambilan napas antara orang dewasa, anak-anak, dan adik bayi itu berbeda-beda. Biasanya, anak-anak seperti kita cenderung memiliki pernapasan lebih cepat. Kalau adik bayi yang baru lahir, lebih sering bernapas dengan jumlah sekitar 30 hingga 60 kali per menit.  

Sementara, kakak-kakak serta orang dewasa umumnya bernapas sekitar 12 – 20 kali per menit. Artinya, dalam satu hari, mereka bernapas sebanyak 17 ribu sampai 30 ribu kali. Makin banyak beraktivitas, makin banyak juga jumlah pengambilan napas pada manusia.