Ikan Juga Bisa Stres

By willa widiana, Jumat, 17 November 2017 | 09:57 WIB
Ikan Juga Bisa Stres (willa widiana)

Sebelum memelihara ikan di akuarium, pastikan dulu kita tahu hal-hal yang berhubungan dengan ikan. Salah satunya, cara merawat ikan supaya tidak stres. Yap, ikan juga bisa stres, lo!

Lingkungan Baru

Ikan yang dipindah ke tempat baru lebih mudah terkena stres. Ikan yang stres biasanya berenang di dasar. Kalau ikannya berenang di permukaan dan menjelajahi tempat barunya, tandannya ikan itu baik-baik saja.

Baca juga: Ikan Juga Bisa Stres

Lingkungan Lama

Ikan yang berada di satu tempat terlalu lama juga bisa mengalami stres, lo! Saat stres, ikan itu biasanya tidak mau makanan, tidak mau bermain, dan lebih banyak diam. Ikan bisa stres karena beberapa sebab, misalnya bosan, airnya kurang oksigen, dan tempat yang terlalu sempit.

Bagaimana Supaya Ikannya Tidak Stres?

Ikan yang sehat itu selalu penasaran dengan tempat dan benda-benda di sekitarnya. Jika ikan peliharaanmu mulai stres, coba ganti mainan yang ada di dalam akuarim. Mainan baru bisa membuat ikan penasaran, dengan begitu stresnya bisa hilang.

Selain mengganti mainan, Teman-teman juga harus mengganti air yang ada di akuarium secara rutin. Pastikan juga mesin penyaring airnya bekerja dengan baik. Kalau ikannya masih stres, coba pindahkan ke akuarium yang lebih besar dan berikan ia teman satu atau dua ekor.

Baca juga: 8 Ikan yang Tidak Boleh Dimakan

Tanaman Air

Selain memberi mainan, kita juga bisa memberi tanaman air di dalam akuarium. Tanaman air bisa dijadikan mainan sekaligus rumah oleh si ikan. O iya, tanaman air juga lebih aman, jika si ikan punya hobi menggigit benda baru.

Ikan juga bisa stres, jadi rawatlah ikan peliharanmu dengan baik. Ingat! Ikan juga teman kita!

Sumber: Kompas.com/Gloria Setyvani Putri, Ilustrasi: Kris