5 Hal yang Bisa Membantu Tidur

By willa widiana, Minggu, 19 November 2017 | 09:37 WIB
5 Hal yang Bisa Membantu Tidur (willa widiana)

Tidur adalah salah satu kebutuhan manusia. Namun, ada saja hal kecil yang akhirnya membuat kita susah tidur. Eits... Teman-teman jangan khawatir, ada 5 hal yang bisa membantu tidur. Kira-kira… hal apa sajakah itu? Kita cari tahu, yuk!

1. Berolahraga

Saat berolahraga, energi yang ada di dalam tubuh akan terpakai. Saat jam tidur tiba, kita pasti akan tertidur dengan cepat. Namun, olahraga ini harus dilakukan minimal  empat jam sebelum tidur. Jika Teman-teman biasa tidur pukul sembilan malam, Teman-teman bisa melakukan olahraga pukul empat atau jam lima sore. Jika terlalu dekat dengan jam tidur, dikhawatirkan suhu tubuh kita masih tinggi dan akhirnya membuat kita susah tidur.

2. Suhu

Suhu di dalam ruangan bisa memengaruhi tidur kita, lo. Kita akan susah tidur jika suhu di dalam ruangan terlalu dingin atau terlalu panas. Suhu yang ideal untuk tidur adalah 18 – 22 derajat celcius. Jika kamarmu terasa panas, coba matikan lampunya! Mematikan lampu bisa membantu menurunkan suhu dengan cepat, lo!

Baca juga: Selain Lezat, Keju Ternyata Membuat Tidur Lebih Nyenyak

3. Bantal untuk Lutut

Ternyata, bukan hanya kepala dan pundak yang harus diberi bantal. Bagian belakang lutut juga harus diberikan bantal. Kenapa? Saat tidur, otot lutut akan tetap tegang. Jika diberi bantal, otot lututnya bisa mengendur. Memberikan bantal pada bagian belakang lutut juga bisa mengurangi risiko sakit punggung dan pinggang, lo!

4. Cek Guling

Saat tidur kita pasti mengecek keadaan kasur, sprei, dan bantal. Satu lagi, jangan lupa cek guling! Pastikan guling yang kita gunakan bisa membuat posisi tidur tetap nyaman. Guling yang terlalu keras, terlalu lembek, atau terlalu penuh bisa mengganggu tidur kita, lo!  Jadi, pilihlah guling yang nyaman dan tidak membuat posisi tubuh kita berubah saat memeluk guling itu.

5. Cari Tempat Lain

Kita sudah berbaring di kasur, lampu kamar sudah dimatikan, alat elektronik juga sudah dimatikan. Namun, kita masih tidak bisa tidur. Padahal, kita sudah berbaring lebih dari 20 menit lalu. Jika hal itu terjadi, cobalah untuk bangun dan pindah ke ruangan lain yang ada di rumah. Namun, tetap pilih ruangan yang gelap, sejuk, dan tenang. Cobalah diam di ruangan itu selama beberapa menit. Jika sudah mengantuk, segera pindah ke atas tempat tidurmu lagi.

Nah, Teman-teman, itulah 5 hal yang bisa membantu tidur. Semoga bermanfaat!

Ilustrasi: Ode