Aturan Menggunakan Ponsel yang Benar

By willa widiana, Selasa, 21 November 2017 | 04:21 WIB
Aturan Menggunakan Ponsel yang Benar (willa widiana)

Teman-teman pasti sudah tidak asing lagi dengan ponsel. Namun, Teman-teman sudah tahu belum, kalau menggunakan ponsel juga ada aturannya? Jika belum, ayo kita cari tahu bersama!

1. Gunakan Earphone

Banyak orang yang menelpon sambil menulis. Supaya praktis, orang itu menahan ponselnya dengan pundak. Cara ini sebenarnya tidak bagus untuk kesehatan leher, lo! Jika kita ingin menelpon sambil menulis, gunakanlah earphone atau headset. Jadi, kita bisa menulis dengan posisi yang benar. Selain itu, risiko ponsel jatuh pun bisa berkurang.

2. Gunakan Dua Tangan

Adakah di antara Teman-teman yang memegang dan memainkan ponsel dengan satu tangan? Ternyata, cara yang benar adalah menggunakan dua tangan. Jika kita memegang ponsel dengan tangan kiri, maka jari tangan kanan lah yang digunakan untuk menggeser layar. Kalau hanya menggunakan satu kanan, jempol kita berisiko cidera.

3. Majukan Ponselnya

Beberapa di antara kita pasti ada yang suka menggunakan ponsel sambil berjalan. Supaya kita bisa melihat jalan, pegang ponsel di depan dada dan sedikit ke depan. Jika ponselnya dipegang di depan perut dan agak ke bawah, kita harus menunduk. Hal itu akan membuat kita tidak bisa melihat jalan dan membuat leher belakang cedera (jika dilakukan terus menerus).

4. Matikan ponselnya

Jika kita berada di jalanan yang ramai dan hendak menyebrang, sebaiknya ponsel dimatikan dulu. Kalau tidak mau mematikan ponsel, masukkan ponsel ke dalam tas. Buka lagi setelah kita sampai di tujuan. O iya, kita juga harus mematikan ponsel saat berada di bioskop. Jadi, kita dan penonton yang lain bisa menonton film dengan nyaman.

Baca juga: Hewan-hewan Ini Bisa Dipelihara di Ponsel

5. Gunakan Speaker

Apakah orangtua Teman-teman ada yang suka menelpon di dalam mobil? Jika ada, tolong beritahu mereka kalau kebiasaan itu tidak bagus. Jika ingin menerima telpon di dalam mobil, gunakan speaker yang ada di dalam mobil. Jadi, mereka bisa menjawab telpon, namun tetap bisa fokus menyetir. Ingat! Keselamatan yang paling utama.

Nah, teman-teman, itulah aturan menggunakan ponsel yang benar. Mulai sekarang, lebih bijak lagi, yuk, dalam menggunakan ponsel.

Sumber: vodafone, Foto: Willa