Serba-serbi Bakwan

By Putri Puspita, Rabu, 22 November 2017 | 04:30 WIB
Bakwan sayur (Putri Puspita)

Suka makan bakwan? Ternyata makanan  yang satu ini punya banyak cerita. Mau tahu ceritanya?

Dari Tiongkok

Bakwan adalah makanan yang sebenarnya berasal dari Tiongkok. Makanan ini tersebar dan populer di Indonesia, karena datangnya para pedagang dari Tiongkok. Resep makananpun saling berbaur, termasuk resep bakwan.

Asal-usul Nama

Nama bakwan juga berasal dari bahasa Tiongkok, yaitu bak yang artinya daging dan wan yang artinya bulat. Jadi, bakwan artinya daging yang bulat. Pada resep awalnya, bakwan memang dibuat dari daging atau udang. Namun, lama-lama bakwan banyak dibuat dari sayuran.

Lucunya, ada juga yang menyebutkan bahwa bakwan adalah nama lain dari bakso karena artinya “daging yang bulat”. Contohnya, pada penyebutan bakwan Malang.

Camilan Populer di Indonesia

Di Indonesia, bakwan sudah akrab di lidah masyarakat. Bisa dijadikan camilan, bisa juga dimakan bersama dengan nasi. Mudah sekali menemui penjual bakwan di berbagai tempat. Ada berbagai variasi dari bakwan, seperti bakwan sayur, bakwan udang, dan bakwan jagung

Cara membuat bakwan sangat mudah. Umumnya, bakwan dibuat dari tepung terigu dan sayuran atau udang. Sayuran yang digunakan, seperti taoge, kubis (kol), irisan wortel. Potongan sayuran ini dicampur dalam adonan tepung terigu lalu digoreng.  

Teks dan Foto: Putri Puspita | Bobo.ID