Saat Kita Demam, Sebaiknya Dikompres pakai Air Dingin atau Air Panas, ya?

By Yomi Hanna, Minggu, 26 November 2017 | 04:23 WIB
Manusia yang sakit demam berdarah akan mengalami demam tinggi. (Hanna Vivaldi)

Jika kita demam, biasanya pertolongan pertama yang biasa dilakukan adalah dengan mengompres kening. Cara ini diharapkan dapat segera menurunkan demam. Untuk kompres, umumnya dilakukan dengan dua pilihan, yaitu kompres dengan air panas atau dingin. Jika demam, sebaiknya yang digunakan jenis kompres yang mana, ya?

Kompres Panas untuk Demam

Saat kita sedang demam, ternyata yang dibutuhkan adalah kompres yang menggunakan air panas dan bukanlah air dingin. Karena jika diberi kompres dingin, maka hipotalamus (bagian otak) akan menangkap pesan bahwa suhu tubuh kita itu rendah. Oleh sebab itu, justru otak akan memberi perintah agar meningkatkan suhu tubuh kita. Ini artinya, tubuh kita yang sudah demam malah semakin demam.

Baca juga : Cara Mudah Melakukan Pertolongan Pertama di Rumah

Itulah kenapa sebaiknya kita dikompres dengan air panas. Agar hipotalamus menangkap pesan bahwa suhu tubuh kita sedang tinggi atau demam, sehingga otak akan memerintahkan untuk menurunkan suhu tubuh kita. O iya, suhu terbaik saat mengompres adalah sekitar 40-50 derajat Celsius.

Kompres Dingin untuk Luka Cedera

Selain menurunkan demam, kompres panas juga dapat berguna untuk mengurangi nyeri saat kita mengalami cedera. Namun tidak disarankan untuk cedera yang parah atau cedera yang baru saja terjadi. Karena ini akan memperparah kondisi lukanya. Oleh sebab itu, kompres panas sebaiknya digunakan pada cedera yang sudah lebih dari 48 jam.

Baca juga : 5 Hal Ini Perlu Kamu Lakukan Saat Mimisan

Sedangkan pada cedera atau luka yang baru, kita bisa menggunakan kompres dingin yang dapat mengurangi nyeri dan bengkak pada luka yang meradang. Suhu dingin dari kompres bisa mengurangi aliran darah di daerah luka yang bengkak, sehingga memarnya berkurang. Kompreslah selama 20 menit untuk menenangkan bagian tubuh yang mengalami cedera.

Sudah tahu, kan, teman-teman? Bahwa fungsi kompres panas dan dingin ternyata berbeda karena disesuaikan dengan kondisi yang kita alami.