Kelapa, Pohon Kaya Manfaat

By willa widiana, Rabu, 22 November 2017 | 09:30 WIB
Kelapa, Pohon Kaya Manfaat (willa widiana)

Ada pepatah yang mengatakan, “Hidup itu harus seperti kelapa, setiap bagian dari pohon kelapa bisa bermanfaat bagi orang banyak”. Ternyata... pepatah itu benar, lo! Kelapa merupakan pohon yang kaya manfaat. Tidak percaya? Ayo kita selidiki bersama!

Akar dan Batang

Akar pohon kelapa bisa diolah menjadi obat sakit perut, lo! Kalau batangnya? Batang kelapa sangat kuat. Masyarakat Indonesia biasanya menggunakan batang kelapa untuk dijadikan tiang utama penahan atap dan genteng.

Daun dan Bunga

Daun kelapa yang masih muda bisa dijadikan alat pembungkus makanan, seperti ketupat. Batang daunnya (lidi), bisa dijadikan sapu lidi. O iya, daun kelapa yang sudah tua bisa dijadikan pengganti kayu bakar, lo! Bagaimana dengan bunganya? Batang bunga kelapa biasanya mengandung nira, cairan ini bisa diolah menjadi gula merah. Tangkai bunga kelapa yang masih muda juga bisa diolah menjadi acar. Kalau bunga kelapa biasanya dikeringkan dan dijadikan obor.

Baca Juga: Rahasia Air Kelapa yang Menakjubkan

Buah dan Cangkang

Buah kelapa yang masih muda bisa kita minum airnya, daging kelapa yang masih muda juga bisa dimakan. Kalau yang sudah tua, daging buahnya bisa diolah menjadi santan atau minyak kelapa. Proses pembuatan minyak kelapa biasanya menghasilkan ampas. Ampas minyak kelapa itu masih bisa digunakan untuk bahan pembuatan oncom, makanan ternak, atau pupuk tanaman. O iya, tempurung kelapa juga bisa dijadikan bahan pengganti arang. Kalau serabut yang ada di cangkang kelapa biasanya diolah menjadi keset, tali, dan sapu.

Bagaimana Teman-teman, pohon kelapa itu keren, kan? Setiap bagian dari pohon kelapa bisa diolah menjadi benda yang bermanfaat.

Sumber: Majalah Bobo, Foto: pixabay.com – Jomon Joseph