Orang Indian, Suku Asli Amerika

By willa widiana, Rabu, 22 November 2017 | 10:05 WIB
Orang Indian, Suku Asli Amerika (willa widiana)

Orang Indian hidup di Benua Amerika. Mereka menyebar dari Amerika Utara hingga Amerika Selatan. Suku ini menyimpan kisah yang menarik, lo! Kita cari tahu, yuk!

Beragam

Sama seperti orang di Indonesia, orang Indian juga beragam. Ada yang masuk ke suku Maya, Inca, dan Algonkin. Suku-suku itu tersebar di seluruh Benua Amerika. Orang Indian zaman dulu suka berpindah-pindah tempat. Mereka juga suka berburu untuk mendapatkan makanan. Kulit hewan hasil buruan biasanya dijadikan pakaian. Kebiasaan itu diajarkan kepada keturunan mereka.

Abad ke-16

Pada abad ke-16, Benua Amerika kedatangan orang asing. Yap, mereka adalah orang Eropa. Orang Indian menyambut mereka dengan baik. Bahkan, Orang Indian juga melakukan jual beli. Mereka menukar kulit binatang dengan kapak, pisau, dan senapan.

Berkurang

Dulu, sempat terjadi peran antar suku. Akhirnya, jumlah orang Indian berkurang. Beberapa suku Indian pindah ke pedalaman untuk menghindari perang. Suku-suku yang menghindari perang itu akhirnya bergabung dan menamai sukunya dengan nama Iroquois.

 

Baca Juga: Inilah Perbedaan Suku Aztec, Maya, dan Inca

Rumah Panjang

Suku Iroquois punya kebiasaan unik, yakni membuat rumah yang panjang dan besar. Setiap rumah diisi oleh beberapa keluarga kecil. Setiap keluarga yang tinggal di rumah itu biasanya masih punya hubungan darah satu sama lain. Unik, ya!

Sekolah

Beberapa Orang Indian ada yang tinggal di penampungan. Meski tinggal di penampungan, anak-anak yang ada di sana sangat bersemangat untuk sekolah. Yap, mereka juga ingin seperti anak-anak di negara lain. Di sekolah, mereka diajari sejarah, bahasa asing, dan tradisi-tradisi leluhur mereka.

Itulah sedikit kisah tentang orang Indian, suku asli Amerika.

Sumber:Majalah Bobo, Foto: pixabay.com – Trenna Sonnenschein