Siapa Pencipta Ban Pompa?

By willa widiana, Rabu, 22 November 2017 | 09:07 WIB
Siapa yang menemukan ban pompa? (willa widiana)

“Waahhh... ban sepedanya kempes. Bagaimana ini?”, “Gampang! Kita pompa saja!” Saat ini, kita bisa dengan mudah memompa ban sepeda yang kempes. Kira-kira... siapakah orang yang menciptakan ban pompa?

Pak Dunlop

Ternyata, orang yang menciptakan ban pompa untuk sepeda kita adalah Pak Dunlop. Beliau lahir di Kota Ayshire, Skotlandia pada tahun 1840. Ketika berusia 27 tahun, ia pindah ke Kota Belfast. Di sana, beliau bekerja sebagai dokter hewan. Pekerjaan itu ia jalani selama dua puluh tahun, lo!

Menggunakan Sepeda

Selama bekerja sebagai dokter hewan, Pak Dunlop selalu pergi menggendarai sepeda. Meski sudah menggunakan sepeda, Pak Dunlop tetap memerlukan waktu yang cukup lama untuk sampai ke tempat kerjanya. Hal itu disebabkan oleh jalan yang rusak dan ban sepeda yang terbuat dari kayu. Waahhh... pantas saja, perjalanan Pak Dunlop sangat lama.

Karet

Karena masalah itu, Pak Dunlop punya ide untuk mengganti ban sepedanya. Akhirnya, beliau mengganti ban sepedanya dengan karet berongga. Karet itu diberi tambahan udara. Selanjutnya, ban karet itu dipasang di roda sepeda Pak Dunlop. Ternyata, roda karet buatannya bisa membentur benda keras, namun tetap membuat pengendaranya nyaman.

Melihat hal itu, Jhonnie, anak bungsu Pak Dunlop ingin dibuatkan ban sepeda dari karet. Mirip seperti ban sepeda Pak Dunlop. Akhirnya, Pak Dunlop pun membuat ban dari karet slang air. Slang air itu diberi udara dan dipasangkan ke roda sepeda anaknya.

Baca Juga: Yuk, Bersepeda!

Percobaan

Melihat kelebihan dari ban sepedanya, Pak Dunlop mulai melakukan penelitian dan berniat menyempurnakan penemuannya.

Pada tahun 1888, Pak Dunlop dan seorang pedagang dari Kota Belfast membuat 12 sepeda dengan ban karet. Awalnya, sepeda yang mereka buat tidak begitu laku. Namun, setelah orang-orang tahu keunggulan ban karet yang digunakan, orang-orang mulai mempertimbangkan sepeda buatan Pak Dunlop. Semenjak itu, ban karet yang bisa dipompa mulai terkenal.

Kini, ban karet buatan Pak Dunlop sudah digunakan dalam berbagai kendaraan, mulai dari roda dua hingga roda empat. Kita, harus berterima kasih kepada Pak Dunlop, orang yang menemukan ban pompa. Berkat beliau, kita bisa menggunakan sepeda dengan mudah dan nyaman.

Sumber: Majalah Bobo, Foto: pixabay.com - Rudy & Peter S.