Benarkah Domba Bisa Mengenali Wajah Manusia Lewat Foto?

By Eka Kartika, Kamis, 23 November 2017 | 09:16 WIB
Kawanan domba. | Creative Commons (Eka Kartika)

Tahukah teman-teman? Selama ini kita mengenal domba hanya sebagai hewan ternak dan dikembangbiakkan untuk diperjualbelikan. Namun, ternyata hewan berbulu tebal ini bisa dilatih layaknya hewan peliharaan, seperti anjing, kucing, atau hewan peliharaan lainnya. Nah, salah satu keahlian domba jika dipelihara dan dilatih dengan baik, adalah mengenali wajah manusia melalui foto.

Riset Domba Tercatat di Jurnal Royal Society

Domba sering dikatakan sebagai salah satu hewan pintar. Hal tersebut membuat beberapa peneliti membuat keputusan untuk melakukan penelitian khusus terhadap domba.

Hasil penelitian tim riset dari Universitas Cambridge, Inggris tersebut dicatat dalam jurnal Royal Society. Mulai dari perkembangan satu domba, hingga perkembangan lainnya. Tujuannya, untuk mengetahui apakah domba benar-benar memiliki kemampuan sebanding dengan hewan pintar lainnya.

Sebagai peneliti sekaligus pemimpin riset, Professor Jenny Morton mengungkapkan bahwa domba memiliki umur panjang. Domba juga memiliki ukuran dan kemampuan otak seperti monyet.

Mengenali Wajah Manusia Melalui Foto

Dalam penelitian ini, para peneliti juga mendapat kesimpulan lain. Ternyata, domba dapat dengan baik mengenali pawang mereka melalui foto. Uniknya lagi, domba juga bisa mengenali domba lain dari kelompoknya dalam sebuah foto.