Bagaimana Cara Menghitung Usia Pohon?

By willa widiana, Kamis, 23 November 2017 | 06:15 WIB
Bagaimana Cara Menghitung Usia Pohon? (willa widiana)

Manusia, hewan, dan pohon itu punya umur. Cara menghitung usia manusia dan hewan bisa dilihat dari tanggal lahirnya. Usia pohon juga bisa dihitung dari waktu pertama kali ia ditanam. Namun, tidak semua pohon diketahui waktu tanamnya. Kalau begitu, bagaimana cara menghitung usianya?

Hitung Jumlah Lingkaran

Cara paling mudah untuk menentukan usia pohon adalah menghitung lingkaran yang ada di batang pohon. Semakin banyak jumlah cincinnya, maka semakin tua usia si pohon. Namun, untuk menghitung lingkaran itu, kita harus menebang pohonnya terlebih dahulu.

Lingkaran yang ada di dalam pohon juga bisa dihitung dengan cara dibor. Yap, kita hanya perlu mengambil bagian tengah batang pohon dengan bor. Setelah didapatkan, kita bisa menghitung jumlah garis yang ada dan membaginya menjadi dua. Hasil pembagian itu adalah usia pohon.

Cara di atas sebaiknya digunakan pada pohon yang sudah mati. Jika pohonnya masih hidup, sebaiknya gunakan cara lain. Sayang, kan, kalau kita menebang atau mengebor pohon hanya untuk mencari tahu berapa usianya.

Baca Juga: Pohon Juga Ada yang Albino

Hitung Jumlah Lingkar Ulir

Beberapa jenis pohon biasanya punya lingkar ulir tahunan. Lingkar ulir adalah tanda yang mirip seperti bekas dahan patah. Jika Teman-teman melihat lingkar ulir di sebuah pohon, coba hitung jumlahnya. Konon, banyaknya lingkar ulir sebuah pohon, sama dengan usianya. Cara ini memang tidak terlalu akurat, namun patut dicoba karena kita tidak harus menebang pohon.

Selain cara di atas, kita bisa menghitung usia pohon dengan rumus-rumus yang dibuat oleh para ahli. Namun, cara ini kita bahas nanti, ya!

Ilustrasi: Ode