Kunjungan Asteroid Alien ke Tata Surya Kita

By Cirana Merisa, Jumat, 24 November 2017 | 06:05 WIB
Oumuamua bergerak dengan kecepatan 44 kilometer per detik. (Cirana Merisa)

Pada 18 Oktober lalu, sebuah asteroid berkunjung ke tata surya kita. Kini setelah diamati dan diteliti, para astronom menyimpulkan kalau benda langit itu merupaka asteroid alien. Wah, apa itu asteroid alien?

Asteroid Alien

Kita mengenal sabuk asteorid, yaitu kumpulan asteroid yang berada di tata surya kita, tepatnya di antara orbit Mars dan Jupiter. Nah, kalau asteroid alien adalah asteroid yang tidak berasal dari tata surya kita, tapi dari ruang antarbintang.

Baca juga: Sabuk Asteroid di Antara Mars dan Jupiter

Oumuamua

Benda langit yang diberi nama Oumuamua ini merupakan asteorid alien pertama yang melintasi tata surya kita. Oumuamua pertama kali ditemukan oleh 2 astronom dari University of Hawaii Institute of Astronomy menggunakan teleskop Pan-STARRS di Maui, Hawaii. Oumuamua ini sendiri dalam bahasa Hawaii berarti sang pembawa pesan yang datang pertama kali dari jauh.

Bentuk asteroid ini tidak bulat tapi lonjong dengan diameter 180 meter. Oumuamua bergerak sangat cepat, yaitu dengan kecepatan 44 kilometer per detik. Itulah mengapa asteroid alien ini tidak tertarik oleh gravitasi Matahari maupun gravitasi Bumi.

Baca juga: Asteroid Sebesar Bus Mendekati Bumi Pada 12 Oktober 2017

Dianggap Komet

Sebenarnya asteroid ini sudah melintasi Matahari pada 9 September lalu, tapi para astronom menyatakan bahwa benda langit itu adalah sebuah komet dan dinamakan C/2017 U1.

Setelah diadakan penelitian lebih lanjut, barulah mereka menyadari bahwa benda langit ini bukan komet, tapi sebuah asteroid dari ruang antarbintang. Maka itu, namanya akhirnya diubah menjadi 1I/2017 U1. Huruf I ini singkatan dari interstellar (antarbintang) yang berarti asteroid ini merupakan asteroid antarbintang pertama.

Baca juga: Perbedaan Asteroid, Komet, Meteoroid, Meteor, dan Meteorit

Berkunjung ke Tata Surya

Para astronom memperkirakan bahwa Oumuamua hanya berkunjung ke tata surya kita. Bahkan sekarang asteroid alien ini sedang dalam perjalanan pulang walaupun masih berada di dalam lingkup tata surya. Dengan kedatangan Oumuamua, bisa jadi di lain hari akan ada kunjungan dari asteroid alien lainya, lo. Kita tunggu, ya! Hi...hi...hi...