Gimjang, Tradisi Khusus Korea Sebelum Menghadapi Musim Dingin

By Eka Kartika, Kamis, 23 November 2017 | 10:06 WIB
Festival Gimjang, Foto: kidnesia.com/ wjmshop.com (Eka Kartika)

Korea punya tradisi unik, yaitu Gimjang atau Kimjang. Beberapa tahun lalu, tradisi ini masuk ke dalam daftar budaya tak benda warisan manusia UNESCO. Seperti apakah proses tradisi Gimjang tersebut?

Berkaitan dengan Kimchi

Kimchi dan Gimjang tak bisa dilepaskan. Sebab, Gimjang sebenarnya merupakan salah satu dari rangkaian persiapan pengawetan kimchi. Hidangan tradisional yang memiliki rasa pedas, khas dari negara  Korea.

Dibuat Hanya Pada di Musim Tertentu

Dalam tradisi Gimjang, semua orang Korea akan membuat beraneka jenis kimchi dalam jumlah yang besar. Pembuatannya dilakukan selama berbulan-bulan di musim panas.

Dilakukan pada musim panas, karena sayur sawi putih dan beberapa jenis sayur lainnya hanya bisa didapatkan di musim ini. Karena itulah pembuatan kimchi harus dilakukan sebelum musim dingin tiba.

Awal November hingga bulan Desember, merupakan bulan yang tepat membuat Kimchi. Warga Korea akan akan berkumpul dan beramai-ramai membuat kimchi. Kimchi dibuat sebanyak mungkin  untuk menyediakan nutrisi sepanjang musim dingin. Selain itu, pembuatan kimchi juga diperbanyak agar dapat mencukupi kebutuhan hingga musim semi pada tahun berikutnya.

Sebagai Ungkapan Rasa Syukur

Tradisi ini sebenarnya dilakukan sebagai bentuk rasa syukur warga Korea karena telah melalui satu tahun dengan selamat dan bahagia. Melalui tradisi gimjang, mereka telah siap memulai kembali kehidupannya yang baru di tahun selanjutnya.