Wow, Dinding Rumah Ini Menghasilkan Instrumen Musik Saat Hujan!

By Yomi Hanna, Minggu, 26 November 2017 | 08:15 WIB
Funny Well, rumah dengan pipa pipa saluran air yang unik menempel di dinnding rumah (Hanna Vivaldi)

Saat hujan datang, suasana di rumah ini berubah menjadi menyenangkan. Ini karena rumahnya bisa mengeluarkan bunyi instrumen musk saat hujan. Kok bisa, ya?

Funny Well

Rumah ini terdapat di Dresden, Jerman, Funny Well namanya. Tepatnya terletak di Neustadt Kunsthofpassage, Dresden, yang merupakan kawasan proyek seni, Courtyard of Elements.

Bagian dinding rumah ini didesain sedemikian rupa. Rintik hujan bisa berubah menjadi sebuah instrumen musik yang asyik didengar telinga. Sungguh unik, bukan? Sebab itu, banyak wisatawan yang penasaran dengan keberadaan rumah ini.

Baca juga : Bolwoningen, Rumah Unik Mirip UFO

Terinspirasi dari Mesin Rube Goldberg

Alunan musik yang terdengar di rumah ini berasal dari saluran-saluran air hujan yang dirancang khusus. Karya ini terinspirasi dari Mesin Rube Goldberg, pematung Annette Paul, Desainer Christoph Rossner, dan Andre Tempel. Mereka mencoba untuk mengubah bangunan bertingkat menjadi alat musik yang menakjubkan.

5 Pipa Besar Penghasil Bunyi

Wisatawan yang ingin mendengarkan musik di rumah ini harus sabar menanti hujan datang. Karena hanya jika hujanlah alunan musik itu dapat terdengar melalui saluran air berbentuk corong terompet yang didesain cukup rumit. Corong-corong ini menempel di dinding luar bangunan rumah yang berwarna variasi biru kehijauan. Di Funny Well ini terdapat lima pipa besar yang bisa menghasilkan bunyi yang berbeda.

Baca juga : Wah, 3 Bangunan Taman Kanak-kanak Ini Unik dan Tak Biasa!

Sekilas didengar, suara yang dihasilkan memang tidak jauh berbeda dengan suara air hujan yang menghantam seng. Namun, jika didengarkan lagi lebih seksama, bunyinya memang terdengar memiliki nada. Suaranya bermacam-macam, ada yang mirip hantaman simbal, kicauan burung, dan bunyi lainnya.