Mengenal Tanaman Hias Asoka

By Putri Puspita, Kamis, 23 November 2017 | 09:05 WIB
Tanaman Hias Asoka (Putri Puspita)

Coba cek halaman di rumahmu? Adakah tanaman asoka? Jika belum, teman-teman mungkin bisa mencoba merawat tanaman hias ini.

Tanaman Hutan

Tanaman Asoka berasal dari India, memang sudah dikenal sebagai tanaman hias. Awalnya tanaman ini adalah tanaman perdu yang biasa ditemui di hutan-hutan. Nah, karena bunganya yang indah dengan warna cerah, akhirnya tanaman ini dibawa ke rumah dan menjadi tanaman hias.

Tanaman asoka bisa tumbuh hingga mencapai 4 meter dan lingkar pangkal batangnya bisa mencapai 40 sentimeter. Namun, bila menjadi tanaman hias, biasanya asoka dibuat tumbuh hingga mencapai 1 meter.

Daun tanaman ini berbentuk lonjong dengan pangkal yang meruncing. Tulang daunnya menyirip. Daunnya tidak terlalu besar atau panjang.

Bunga asoka tumbuh dengan bermacam warna, dari merah muda, merah terang, kuning, dan oranye. Bunganya kecil-kecil akan tersusun bergerombol.

Menanam Asoka

Tertarik untuk menanam asoka?

Ada beberapa pilihan ketika ingin menanam asoka, bisa membelinya bibitnya di penjual tumbuhan. Bisa juga dengan cara vegetatif. Seperti apa caranya?

Kita bisa mengambil bagian batang pohon Asoka yang sudah tua. Pilih ranting yang kira-kira panjangnya 15 cm. Tancapkan ranting ini ke media semai. Nantinya, akar da tunas baru akan tumbuh.

Perlu diperhatikan bahwa tanah yang cocok untuk tanaman ini adalah tanah gembur dengan ketinggian 0 – 400 meter di atas permukaan laut. Tanaman Asoka bisa tumbuh dengan baik hingga suhu  45°C. Asoka juga butuh tempat dengan intensitas sinar matahari yang cukup.

Merawat Asoka

Tanaman hias ini mudah sekali dirawat. Cukup menyiram tanaman ini setiap pagi. Nah, nanti ketika bunga mulai bermunculan, bisa diberikan pupuk tambahan sebulan sekali. Jangan lupa juga untuk membersihkan tumbuhan liar yang ada di sekitar tanaman asoka agar tidak berebut nutrisi tanah.

Teks dan Foto: Putri Puspita | Bobo.ID