Benda Restoran yang Mengandung Banyak Kuman

By willa widiana, Kamis, 23 November 2017 | 08:45 WIB
Benda Restoran yang Mengandung Banyak Kuman (willa widiana)

Makan di restoran memang seru, kita bisa makan makanan yang jarang dimasak di rumah. Namun, kita harus hati-hati. Tidak semua restoran memerhatikan kebersihan. Karena tidak memerhatikan kebersihan, banyak kuman yang menempel di benda ini.

Buku Menu

Setiap orang yang masuk ke restoran pasti diberi buku menu. Kuman yang ada di tangan kita dan pengunjung lain bisa menempel ke buku menu, begitu juga sebaliknya. Jadi, tidak heran kalau buku menu termasuk salah satu benda restoran yang mengandung banyak kuman.

Kuman di buku menu sangat banyak, karena buku menu termasuk benda yang jarang dibersihkan. Kuman di buku menu akan terus bertambah, karena kebanyakan pengunjung menyentuh buku menu tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Namun, Teman-teman tidak perlu khawatir. Kuman yang berasal dari buku menu bisa dibasmi dengan cara cuci tangan sebelum makan. Meski makan menggunakan sendok, kita tetap harus cuci tangan terlebih dahulu, ya!

Baca Juga: Pets Deli, Restoran Khusus Hewan

Botol Saus dan Kecap

Beberapa restoran biasanya menyediakan saus dan kecap di meja makan. Namun sayang, saus dan kecap itu banyak yang tidak ditutup. Botol saus dan kecap yang tidak ditutup biasanya mengandung kuman (yang berasal dari udara).

Sebelum menuangkan saus dan kecap, perhatikan dulu botolnya. Jika di bagian atas botol ada saus atau kecap yang sudah mengering dan berjamur, sebaiknya jangan digunakan.  Jika ingin menggunakan saus dan kecap, carilah saus dan kecap yang disimpan dalam botol bersih.

Alat Makan

Kita tidak tahu bagaimana cara restoran membersihkan alat makannya. Untuk jaga-jaga, bersihkan sendok, garpu, dan piring yang akan digunakan dengan tisu. Selain itu, jangan pernah meletakkan sendok dan garpu di atas meja.

Itulah benda restoran yang mengandung banyak kuman. Namun, Teman-teman tidak perlu khawatir. Kuman itu tidak akan masuk ke tubuh kita, selama kita rajin mencuci tangan dan membersihkan alat makannya sebelum digunakan.

Sumber: Kompas.com/Ayunda Pininta, Ilustrasi: Ode