Bintang Kembar di Ruang Angkasa

By Cirana Merisa, Sabtu, 25 November 2017 | 05:35 WIB
Sirius merupakan sistem bintang ganda yang terdiri dari 2 bintang. (Cirana Merisa)

Kalau kita menatap ke langit malam saat cuaca sedang cerah, kita akan melihat banyak bintang. Namun tahukah teman-teman kalau bintang-bintang itu ada yang kembar?

Bintang Ganda

Percaya atau tidak, ternyata 2 dari 3 bintang-bintang di galaksi kita memiliki kembaran, lo. Ini disebut sebagai sistem bintang ganda. Bintang yang bersistem ganda tak hanya terdiri dari 2 bintang, tapi ada juga yang terdiri dari 3 bintang atau bahkan 7 bintang.

Baca juga: Benarkah Matahari Dulu Punya Kembaran?

Saling Mengorbit

Seperti halnya Bumi dan planet lain yang mengorbit Matahari sebagai bintang induk, bintang-bintang pada sistem ganda ini juga bisa saling mengorbit satu sama lain. Ini terjadi karena adanya gravitasi dari masing-masing bintang yang menarik bintang-bintang di sekitarnya.

Terlihat seperti Bintang Tunggal

Ada banyak bintang ganda yang terlihat seperti bintang tunggal. Kenapa bisa begitu? Karena tingkat kecerlangannya berbeda-beda. Bintang di ruang angkasa memiliki tingkat kecerlangan berbeda yang dapat menghasilkan cahaya yang berbeda juga.

Baca juga: Warna-warni Bintang di Ruang Angkasa

Selain itu, bintang ganda terlihat seperti bintang tunggal juga karena ukurannya yang berbeda. Ada salah satu bintang yang ukurannya lebih besar daripada bintang lainnya sehingga dari Bumi hanya terlihat satu bintang terbesar saja sedangkan yang lainnya hanya bisa dilihat melalui teleskop besar.

Bintang Ganda di Antariksa

Sirius, bintang yang paling terang di langit malam, sebenarnya merupakan bintang ganda, lo. Sistem bintang ini terdiri dari dua bintang, yaitu Sirius yang juga disebut Sirius A dan Sirius B. Sirius A ini bisa kita lihat bahkan dengan mata telanjang, sedangkan Sirius B merupakan bintang katai putih yang berukuran lebih kecil.

Baca juga: Sirius, Bintang yang Paling Terang di Langit Malam

Ada juga bintang Capella yang sebenarnya merupakan dua pasang bintang ganda sehingga berjumlah empat bintang. Dua bintang merupakan bintang raksasa merah sedangkan dua bintang lagi merupakan bintang katai merah.

Sebenarnya masih banyak lagi bintang-bintang bersistem ganda. Tapi Bobo tidak bisa memasukkan semuanya ke sini, ya. Hi..hi..hi..