Rahasia Racun Ulat Bulu yang Bikin Gatal

By willa widiana, Kamis, 23 November 2017 | 11:05 WIB
Kenapa Ulat Bulu Bikin Gatal? (willa widiana)

Ulat bulu merupakan salah satu hewan yang hidup di pohon. Hewan kecil ini bisa membuat kulit kita gatal jika disentuh. Kira-kira... kenapa ulat bulu bikin gatal?

Racun

Ulat bulu punya racun di dalam tubuhnya. Racun itu akan dialirkan ke dalam rongga kecil yang ada di dalam bulu. Saat kita menyentuhnya, bulu ulat akan patah. Racun yang ada di dalam bulu akan keluar, mengenai kulit, dan kulit kita pun jadi gatal. Beberapa ulat bulu punya racun yang cukup kuat. Racun itu bisa membuat kulit kita gatal dan panas.

Tanaman

Racun yang ada di tubuh ulat berasal dari tanaman. Untuk mendapatkan racun itu, si ulat harus memakan tanaman yang beracun terlebih dahulu. Setelah itu, racunnya akan diolah lagi di dalam tubuh si ulat. Setelah selesai diolah, racunnya dialirkan ke rongga kecil yang ada di dalam bulu mereka.

Baca Juga: Ulat Sagu, Si Empuk yang Padat Gizi

Melawan Pemangsa

Ulat merupakan hewan yang tinggi protein. Jadi, banyak pemangsa yang ingin memakan ulat. Supaya keluarganya tidak habis dimakan pemangsa, ulat pun membuat racun dan memasukkannya ke dalam bulu mereka. Berkat bulu beracun ini, para pemangsa yang menangkap mereka akan memuntahkannya kembali.

Tidak Semua Beracun

Ulat bulu tidak semuanya beracun, lo! Namun, orang yang punya alergi terhadap bulu, bisa merasa gatal saat bertemu ulat bulu yang tidak beracun.

Ilustrasi: Ode