Griya Anggrek di Kebun Raya Bogor

By Sylvana Toemon, Jumat, 24 November 2017 | 00:10 WIB
Griya Anggrek di Kebun Raya Bogor (Sylvana Toemon)

Indonesia adalah negara yang memiliki jenis anggrek terbanyak di dunia. Sebagian besar anggrek itu ada di Griya Anggrek, Kebun Raya Bogor.

Baca juga: Anggrek, Bunga Tropis yang Cantik

Rumah Anggrek

Griya artinya rumah. Tempat  ini memang dibuat sebagai rumah untuk anggrek yang jenisnya banyak sekali di Indonesia. Anggrek yang ada di tempat ini berasal dari ujung barat di Sumatra sampai ujung timur di Papua. Griya ini terdiri dari sebuah bangunan yang menjadi pusat informasi, dengan 2 buah taman di sampingnya. Sebuah taman untuk anggrek alami, yang sebuah lagi untuk anggrek hasil persilangan. Kedua taman itu dilengkapi dengan jalan setapak yang dilalui oleh pejalan kaki.

Baca juga: Anggrek Shenzhen Nongke, Anggrek Termahal di Dunia

Sekilas Perkembangan Anggrek Nusantara

Anggrek tropis Nusantara telah lama menarik minat orang-orang Eropa. Di Eropa, tidak ada anggrek yang sangat beragam seperti di negeri kita. Beberapa orang Eropa ada yang datang ke negeri kita khusus untuk mempelajari anggrek. Karya mereka dicatat dalam sejarah anggrek negeri kita. Sejarah perkembangan anggrek dan informasi lainnya tentang anggrek terpampang di dinding ruang infromasi Griya Anggrek. Pengunjung yang datang dapat melihat dan membaca sekilas perkembangan anggrek di pusat informasi ini.

Baca juga: Ini Bunga Anggrek atau Belalang, ya?

Taman Anggrek

Bagian paling menarik di Griya Anggrek adalah tamannya. Di taman ini kita dapat melihat anggrek-anggrek cantik yang sedang mekar. Anggrek-anggrek itu ditata di taman indah yang dilengkapi dengan kolam air mancur. Pengunjung boleh melihatnya namun tidak boleh menyentuhnya. Selain berjalan di jalan setapak, pemandangan taman juga dapat dinikmati dari atas. Di atas taman ini tempat khusus bagi pengunjung untuk dapat melihat ke taman di bawah.

Baca juga: Memelihara Bibit Anggrek Dalam Botol

Ada beberapa oleh-oleh yang dapat kita bawa pulang dari Griya Anggrek. Kita dapat membeli bibit anggrek di tempat ini. Kita juga dapat banyak pengetahuan dan pengalaman tentang anggrek.