Kronos, Bintang yang Melahap Planet

By Aan Madrus, Minggu, 26 November 2017 | 05:35 WIB
Bintang Kronos dan Bintang Krios (Aan Madrus)

Kronos adalah bintang yang jaraknya 350 tahun cahaya dari Bumi. Bintang yang terbentuk 4 miliar tahun yang lalu itu, nama ilmiahnya HD240430. Kronos punya kembaran. Namanya Krios. Nama ilmiahnya HD240429. Jarak antara kedua bintang itu sekitar 2 tahun cahaya.

Dalam bidang antariksa, bintang kembar disebut bintang biner. Bintang biner adalah dua buah bintang yang mengorbit sebuah titik pusat secara bersama-sama, karena mereka terikat pada pusat gravitasi yang sama. Bintang biner lahir bersama-sama dan memiliki kandungan kimiawi yang sama pula.

Dari hasil penelitian tim ahli astrofisika di Princeton University, Amerika Serikat, kandungan kimiawi pada Kronos dan Krios berbeda. Pada bintang Kronos, kandungan lithium, magnesium dan besi di atmosfernya melimpah ruah. Kandungan kimiawi itu biasanya terdapat pada planet berbatu. Dari situ, tim ahli astrofisika memperkirakan bintang Kronos sudah melahap planet-planet yang mengorbit di sekitarnya. Jumlahnya tidak tanggung-tanggung. Dari banyaknya kandungan kimiawi pada Kronos, tim ahli astrofisika menyimpulkan Kronos telah melahap sekitar 15 buah planet berbatu.

Dari kemampuannya melahap planet-planet itulah, bintang itu mendapat nama Kronos. Kronos adalah salah satu Titan, penguasai Bumi dalam mitologi Yunani. Kronos adalah Titan yang melahap anaknya sendiri karena takut direbut kekuasaannya.

Krios adalah saudara lak-laki Kronos.  Mengapa bintang Krios tidak melahap planet seperti Kronos? Krios yang posisinya berjarak 2 tahun cahaya dari Kronos, di tempatnya nyaris  tak  ada planet berbatu. Sehingga ia tak punya kesempatan untuk melahap planet.

Foto: Creative Commons dan simonfoundation.org