Bagaimana Cara Laba-laba Agar Tidak Terjebak di Sarangnya Sendiri?

By Yomi Hanna, Sabtu, 25 November 2017 | 07:46 WIB
Jaring laba-laba (Hanna Vivaldi)

Laba-laba membuat jaring untuk menangkap mangsanya. Mangsa yang mendekati laba-laba akan terjebak di jaring-jaring yang telah dibuatnya dari benang-benang sutra. Lalu, bagaimana cara laba-laba agar tidak terjebak di jaringnya sendiri?

Jaring Laba-laba yang Lengket dan Tidak Lengket

Jaring laba-laba dibuat dari benang sutra yang bermacam-macam jenisnya. Ada jaring yang lengket dan ada juga yang tidak lengket. Jaring yang tidak lengket itu adalah benang-benang jaring yang lurus seperti jari-jari. Sedangkan jaring yang lengket adalah benang-benang jaring berbentuk lingkaran.

Baca juga : Laba-Laba Ini Mirip Pikachu

Laba-laba Memiliki Cakar Khusus

Biasanya ketika serangga datang mendekati laba-laba, mereka akan menyentuh bagian yang lengket itu. Lalu laba-laba akan melewati benang yang tidak lengket sambil menangkap mangsanya. Laba-laba melewati benang yang tidak lengket karena mereka memiliki dua sampai tiga cakar khusus berukuran kecil pada setiap ujung kakinya. Cakar tersebut digunakan untuk mengambil untaian jaring laba-laba. Oleh sebab itu, laba-laba dapat bergerak dengan cepat melewati jaring tanpa terjebak.

Sambil menggunakan cakar khusus, laba-laba berayun dari untaian benang yang satu ke untaian benang yang lain tanpa menyentuh jaring yang lengket.

Baca juga : Tahukah Kamu, Laba-Laba Bukan Serangga?

Ada Scapule yang Bisa Menyerap Kelembapan

Tidak hanya itu, laba-laba juga mempunyai scapule di antara cakarnya, yaitu berupa gumpalan rambut pendek dan padat. Rambut tersebut dapat menyerap kelembapan dan membuat kaki laba-laba seperti dibubuhi perekat. Dengan kaki yang seperti itu, laba-laba bisa berjalan melalui permukaan yang halus dan licin seperti kaca.

Beberapa peneliti juga berpendapat bahwa di tubuh laba-laba terdapat sejenis minyak tertentu yang membuat laba-laba tidak menempel pada jaringnya sendiri.

Namun ada kalanya juga beberapa laba-laba terjatuh dan tergelincir ke dalam jaring mereka sendiri, tapi itu jarang sekali terjadi.

Selain tidak terjebak di jaringnya sendiri, laba-laba juga hebat dalam membedakan getaran yang dibuat oleh seekor lalat, serangga, lebah, bahkan daun atau ranting di jaring mereka.