7 Fakta Seru Kapal Selam

By Sylvana Toemon, Senin, 27 November 2017 | 00:10 WIB
Kapal selam (Sylvana Toemon)

Banyak cara dan upaya untuk mengungkap misteri bawah laut. Salah satunya dengan membuat kapal selam. Kapal selam adalah kapal yang dirancang khusus untuk bergerak di bawah air. Selain itu, ada beberapa fakta menarik tentang kapal selam.

1. Kapal selam dilengkapi tangki air yang disebut tangki pemberat. Tangki ini diisi saat kapal akan ditenggelamkan. Tangki dikosongkan untuk mengangkat kapal selam ke permukaan.

2. Kapal selam pertama kali dibuat oleh Cornelius Drebbel di Inggris pada tahun 1620. Sepanjang tahun 1700-an kapal selam mengalami perkembangan. Kapal selam militer pertama dibuat oleh David Bushnell dari Amerika Serikat pada tahun 1775. Kapal selam yang diberi nama Turtle ini hanya dapat memuat 1 orang.

3. Periskop adalah alat untuk melihat dari dalam kapal selam. Alat ini menggunakan serangkaian kaca dan prisma yang diatur supaya orang dapat melihat sesuatu yang berada jauh di atas.

4. Pada tahun 1870, Jules Verne menulis novel sains fiksi berjudul 20.000 League Under the Sea. Novel berlatar kapal selam ini membuat makin banyak orang yang tertarik untuk belajar tentang kapal selam.

5. Kapal selam menjadi senjata yang ampuh pada saat Perang Dunia I dan II. Kapal selam untuk perang dilengkapi dengan torpedo. Torpedo adalah senjata berbentuk tabung yang dapat menembak di dalam air.

6. Teknologi kapal selam makin berkembang selama abad ke-19. Kapal selam modern memiliki lambung kapal yang terbuat dari bahan titanium atau baja. Bahan ini keras sekali sehingga badan kapal tidak hancur oleh besarnya tekanan air di bawah laut.

7. Air bersih yang digunakan oleh awak kapal selam berasal dari air laut yang disuling. Ada alat khusus untuk mengolahnya. Air bersih ini digunakan untuk minum, memasak, dan mandi.

Baca juga: Kisah Tenggelamnya Kapal Selam Kursk

Saat ini kapal selam lebih sering digunakan untuk penyelidikan bawah laut. Apakah kamu ingin menjelajah lautan dengan menggunakan kapal selam?