Fakta Guru, Sang Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

By Eka Kartika, Sabtu, 25 November 2017 | 06:35 WIB
Ilustrasi guru mengajar di alam terbuka, Foto: Pixabay/ sasint (Eka Kartika)

Atas pengabdiannya mendidik anak-anak menjadi sosok yang berguna bagi nusa dan bangsa, guru layak mendapat julukan sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Namun, tahukah teman- teman jika sebenarnya ada fakta menarik dari profesi guru?

Kemarahan Guru adalah Bentuk Kasih Sayang

Ketika dengan sengaja melakukan suatu kesalahan, contohnya menyontek saat ulangan atau menggangu teman, maka guru kita pasti akan marah dan merasa kecewa. Sebab, muridnya tidak disiplin dan tidak menghargai teman.

Kemarahan guru tersebut adalah hal wajar. Ayo coba teman-teman tebak, mengapa wajar? Yap, pastinya karena ia ingin anak muridnya jujur pada saat ulangan, serta menjadi anak baik. Nah, ini merupakan salah satu bentuk kasih sayang seorang guru.

Menjadi Salah Satu Sosok Penentu Masa Depan

Keberhasilan seseorang dalam menentukan masa depan memang tergantung dari keinginan serta kemauan dari dalam diri sendiri. Tetapi selain itu, ada sosok lain di balik kesuksesan seseorang dalam penentuan masa depan. Ia adalah guru.

Guru membantu kita dari nol di bangku sekolah. Mulai dari playgroup, taman kanak-kanak, sekolah dasar, hingga ke sekolah lanjutan lain dan universitas. Selain orang tua di rumah, ia lah yang begitu sabar mengenalkan huruf, angka, sampai mengajari kita bagaimana menghadapi kehidupan.

Pengganti Orangtua di Sekolah

Guru memiliki peran ganda, lo, di sekolah. Selain merupakan pendidik, guru juga menjadi orangtua kita di sekolah. Jadi, apapun kesulitan yang kita hadapi di sekolah, guru pasti akan membantu kita dan membimbing kita.

Jadi, jika kita mengalami sesuatu, cobalah untuk berbagi cerita dengan guru kelas. Jangan merasa malu atau ragu, karena dengan penuh kasih sayang ia akan memberikan bimbingan kepada kita.

Selamat Hari Guru!