Uniknya Perayaan Hari Guru Di Berbagai Negara

By Eka Kartika, Sabtu, 25 November 2017 | 07:05 WIB
Ilustrasi ucapan hari guru, Foto: Pixabay/ Alfakurnia (Eka Kartika)

Setiap negara memiliki hari guru yang berbeda. Maka tak heran jika di berbagai negara berikut ini memiliki cara yang beragam dalam menyambut perayaan Hari Guru di negaranya.

Indonesia

Tanggal 25 November merupakan hari yang istimewa bagi guru-guru di Tanah Air Indonesia. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Guru Nasional atau Hari Ulang Tahun Asosiasi Guru Indonesia, PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia).

Meskipun tidak libur, perayaan Hari Guru di beberapa daerah sangatlah meriah. Selain upacara, ada juga persembahan istimewa dari para murid untuk guru-gurunya tercinta. Contohnya mempersembahkan pentas drama, pertunjukkan musik , ataupun kegiatan lain yang membuat guru merasa terhibur. Sehingga mereka pun akan menjadi bangga akan kemampuan para murid.

Thailand

Di Thailand, Hari Guru diperingati setiap tanggal 16 Januari sejak tahun 1957. Semua sekolah di negara yang terkenal dengan gajahnya ini diliburkan pada Hari Guru. Bagi Pemerintah Thailand, guru layak mendapat istirahat dan menghabiskan waktu liburnya satu harian.

Chili

Tanggal perayaan hari guru di negara Chili sempat mengalami beberapa perubahan. Awalnya, tanggal 10 Desember 1974 disepakati pemerintah sebagai Hari Guru.

Namun, pada tahun 1977 peringatan Hari Guru diubah menjadi 16 Oktober. Namanya hari Diadel Professor. Ketika ini tiba, setiap murid akan memberikan sertifikat berisi apresiasi. Di antaranya ada yang berisi pesan, puisi, ataupun gambar.