Sedikit Kisah Tentang Biji Karet

By willa widiana, Sabtu, 25 November 2017 | 08:45 WIB
Sedikit Kisah Tentang Biji Karet (willa widiana)

Di daerah Jawa Barat banyak perkebunan karet. Salah satunya ada di Cianjur. Ada kisah menarik di sekitar perkebunan karet Cianjur itu.

Biji Karet

Pohon karet menghasilkan biji karet. Biji karet yang berserakan di tanah biasanya dijadikan alat bermain oleh anak-anak. Namun, ada juga anak-anak yang mengumpulkannya di dalam keranjang. Setelah penuh, biji karet itu akan di jual ke pengepul. Lumayan, uangnya bisa digunakan untuk menambah uang jajan.

Diolah

Biji karet yang dikumpulkan pengepul akan dimasukkan ke pabrik untuk diolah. Biasanya, biji karet diolah menjadi minyak. Minyak biji karet bisa digunakan untuk pelumas cetakan dalam proses pembuatan genteng dan porselen. Selain dijadikan minyak pelumas, minyak biji karet juga bisa dijadikan bahan campuran untuk membuat cat.

Limbah

Pengolahan biji karet menjadi minyak karet pasti menghasilkan limbah. Limbah itu biasanya digunakan untuk pupuk tanaman. Selain dijadikan pupuk tanaman, limbah itu juga bisa dijadikan bahan campuran untuk makanan ternak.

Kotak Fakta:

Di Indonesia, ada sekitar 2,4 juta hektar perkebunan karet. Setiap tahun, kebun karet itu menghasilkan 11 juta ton biji karet. Tak disangka, ya, ternyata biji karet bisa diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat!

Sumber: Majalah Bobo, Foto: Creative Commons - Luis Fernández García