Indahnya Pasir Bintang di Okinawa

By willa widiana, Minggu, 26 November 2017 | 09:45 WIB
Pasir Bintang di Okinawa (willa widiana)

Di sebuah pulau kecil di Okinawa, Jepang, bintang-bintang bertaburan di pasir pantai. Konon, bintang-bintang itu adalah anak bintang di langit yang dikalahkan raksasa. Benarkah?

Pulau Iriomote

Pulau Iriomote di Jepang adalah sebuah pulau kecil. Meski kecil, pulau ini punya laut yang indah. Namun, orang yang berwisata ke pulau ini tidak datang untuk berenang. Orang-orang itu datang untuk mengamati pasir pantai yang bentuknya mirip bintang. Orang jepang menyebut pasir unik ini hoshizuna.

Kenapa Pasirnya Bisa Berbentuk Bintang?

Menurut cerita dari penduduk sekitar, dulu bintang Salib Selatan dan Bintang Utara punya anak bintang yang cukup banyak. Sayang, anak bintang itu dibunuh oleh ular raksasa yang berasal dari lautan. Tulang anak bintang itu pun bertebaran sebagai pasir di Pantai Iriomote.

Fosil Makhluk Hidup

Cerita di atas hanya sebuh legenda, pasir bintang itu sebenarnya fosil makhluk hidup. Makhluk hidup berukuran mungil ini bernama Foraminifera, ia adalah sejenis protozoa. Makhluk ini hidup sekitar 550 juta tahun yang lalu.

Baca Juga: Bagaimana Bintang Terbentuk?

Di Dasar Laut

Fosil makhluk hidup ini sebenarnya ada di dasar laut. Namun, saat badai, ombak akan mengangkatnya ke permukaan dan menghempaskannya ke pantai. Peristiwa alam inilah yang membuat pasir di Pantai Iriomote bercampur dengan bintang.

Teks: Rna/Willa, Foto: Creative Commons