Rahasia Batu Berserakan di Lindholm Hoje

By Aan Madrus, Senin, 27 November 2017 | 05:45 WIB
Batu berserakan ini ternyata makam (Aan Madrus)

Lindholm Hoje adalah sebuah desa yang terletak di sebuah bukit di Denmark. Dalam bahasa Denmark, hoje artinya bukit.

Akibat erosi tanah, di desa itu tiba-tiba muncul beberapa buah batu besar membentuk lingkaran. Pada tahun 1889 dilakukan penggalian, ternyata di kedalaman 4 meter berserakan batu-batu besar. Batu-batu itu disusun sedemikian rupa sehingga membentuk pola bulat, lonjong, segitiga, dan berbentuk perahu.

Baca juga: Menjaga Hutan di Indonesia

Pada tahun 1952 - 1958 dilakukan penggalian besar-besaran. Di sana ditemukan sekitar 700 buah batu. Seharusnya jumlahnya jauh lebih banyak dari itu, karena dulu waktu dibangun jalan, digunakan batu-batu dari daerah itu.

Dari hasil penelitian para arkeolog, ternyata tempat itu merupakan situs pemakaman bangsa Viking yang hidup antara tahun 400 – 1000 Masehi. Makam perempuan ditandai dengan deretan batu yang membentuk pola lonjong atau bulat. Sedangkan makam laki-laki ditandai dengan deretan batu membentuk pola segitiga dan perahu.

Baca juga: Hutan Biru yang Indah

Secara umum ada budaya untuk memberikan tempat terindah kepada orang yang telah meninggal. Diduga dengan alasan itu, Bangsa Viking memilih Lindholm Hoje sebagai tempat pemakaman. Pemandangan di sana sangat indah.

Baca juga: Hutan Kecil di Bodogol

Pemakaman yang ada di sekitar puncak bukit adalah pemakaman yang dibangun sekitar tahun 400 Masehi. Di situ, jenazahnya dimakamkan. Makamnya dibatasi dengan deretan batu. Pemakaman yang berada di lereng bukit dibuat sekitar tahun 1000 M. Pada masa itu, jenazah tidak dimakamkan, melainkan dikremasi. Kremasi dilakukan di tempat yang dibatasi dengan deretan batu.

Foto:Creative Commons