Shilin Stone Forest, Hutan Batu di Yunnan

By Aan Madrus, Senin, 27 November 2017 | 04:30 WIB
Ratusan batu kapur menjulang di Shiling Stone Forest (Aan Madrus)

Shilin Stone Forest adalah sekumpulan batu kapur yang menjulang di area seluas 400 km2. Lokasinya di Shilin Yi, Provinsi Yunnan, Tiongkok. Kira-kira 90 km dari Kunming, ibukota Yunnan.

Terbentuk 270 Juta yang Lalu

Batu-batu itu terlihat seperti muncul dari dalam tanah, atau seperti stalagmit. Ada yang berbentuk seperti  singa, naga, pohon, orang, dan lain-lain. Yang paling tinggi ukurannya 30 meter.  Karena jumlah batu-batu itu sangat banyak maka daerah itu disebut Stone Forest atau hutan batu.

Baca juga: Apa Itu Stalagmit dan Stalagtit?

Menurut ahli geologi, 270 juta tahun yang lalu area hutan batu itu merupakan laut yang dangkal. Di sana ada endapan pasir yang sedikit demi sedikit tertutup batu kapur sehingga menjadi bukit kapur.  Bukit kapur itu  selama berjuta-juta tahun terkikis oleh angin dan air. Selain itu karena ada pengaruh dari gerakan dalam perut Bumi, maka bukit kapur itu membentuk formasi yang menarik, seperti hutan batu, labirin, gua, danau, dan sungai bawah tanah.

Shiling Forest Stone menjadi tempat yang menarik bagi wisatawan. Di sana wisatawan berkeliling menikmati area hutan batu yang  terbagi menjadi 7 area.

1. Greater & Lesser Stone Forests, also known as the Lizijing Stone Forest.

2. Naigu Stone Forest

3. Zhiyun Cave

4. Lake Chang (Long Lake)

5. Lake Yue (Moon Lake)

6. Dadie Waterfall

7. Cave

Legenda Ashima

Menurut cerita rakyat setempat, hutan itu tempat kelahiran Ashima. Asima adalah seong gadis cantik dari Yi yang jatuh cinta kepada seorang pria. Namun orang tuanya tidak setuju Ashima menikah dengan pria pilihannya itu. Ashima lalu lari ke hutan. Di sana ia berubah menjadi batu. Begitu juga pohon-pohon di sana, ikut berubah jadi batu.

Baca juga: Perbedaan Sumpit Tiongkok, Jepang, dan Korea

Setiap tanggal 24 bulan ke-6 penanggalan Tiongkok, orang-orang Yi mengadakan festival yang menampilkan banyak pertunjukan tradisional seperti gulat, pertarungan banteng, pendakian tiang, permainan naga, dan tarian singa.

Foto: Creative Commons