Tanaman dalam Lampu Kamar yang Bisa Bersinar dalam Gelap

By Yomi Hanna, Selasa, 28 November 2017 | 08:12 WIB
Lampu LUME, memanfaatkan pendar cahaya tanaman dalam gelap (Hanna Vivaldi)

Jika pernah menonton film Avatar, teman-teman mungkin akan ingat dengan pemandangan tanaman dan pohon yang terang menyala dalam gelap. Adegan keren dan menarik tersebut kini bisa terwujud dalam kehidupan nyata karena adanya lampu LUME. Apakah itu?

Lampu Kamar yang Diisi Tanaman Hijau

Lampu LUME adalah lampu kamar yang lebih keren daripada lava lamp yang dulu sempat populer. Lampu ini berupa tabung kaca yang dapat dijadikan sebagai pot dan diisi dengan tanaman hijau.

Memanfaatkan Pendar Cahaya Tanaman

Benda ini tidak membutuhkan bola lampu karena tanaman yang berada di dalam tabung akan memancarkan cahayanya secara alami. Ini karena tanaman tersebut menghasilkan zat pigmen yang dapat bersinar saat lingkungan di sekitarnya benar-benar gelap. Cara kerja lampu LUME ini memang memanfaatkan sifat bioluminesensi (pendar cahaya) pada tumbuhan.

Lampu kamar ini adalah hasil karya dari Christopher Kotting dan Lukas Uhlitz. Benda yang mereka ciptakan ini dapat menjadi penghias ruangan yang cantik dan unik.

Dapat Terhubung dengan Ponsel

Tidak hanya itu, kelebihan lain dari lampu LUME adalah dapat dihubungkan dengan ponsel si pemilik. Dengan ini, pemiliknya bisa mengecek kelembapan, cahaya, dan keseburuan tanah pada pot. Sehingga perawatan tanaman di lampu LUME pun bisa dilakukan lebih baik.