Kencana Ungu, Buahnya Bisa Meledak di Air

By Yomi Hanna, Sabtu, 2 Desember 2017 | 05:30 WIB
Kencana Ungu (Hanna Vivaldi)

Bunga ini memiliki buah yang jika ditaruh ke dalam air maka dapat meletup seperti petasan kecil. Apa, ya, nama tanaman ini?

Kencana Ungu

Tanaman ini sering disebut dengan ceplikan atau pletekan. Namun nama aslinya adalah Ruellia tuberosa atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Kencana Ungu. Dinamakan seperti itu karena memiliki bunga yang berwarna ungu.

Baca juga : Antofobia, Rasa Takut pada Bunga

Dapat Tumbuh Liar di Daerah Tropis

Tanaman yang berasal dari Amerika Tengah ini termasuk ke dalam tumbuhan liar yang mudah ditemui di daerah tropis. Buah dari tanaman Kencana Ungu ini dapat meledak dan terlempar dengan sendirinya ketika tanaman sudah tua dan mulai kering.

Pletekan adalah Buah Tanaman Kencana Ungu

Ketika buah tersebut meledak, kita dapat melihat biji-biji kecil keluar dari dalamnya. Nah, biji itulah yang merupakan benih untuk tumbuhan Kencana Ungu yang baru. Itulah sebabnya tanaman ini banyak tumbuh di mana-mana. Karena buahnya yang sering meledak sendiri ketika tua dan mengeluarkan biji yang tumbuh di tanah tempat ia jatuh.

Baca juga : 3 Bunga Nasional Indonesia

Manfaat Daun Kencana Ungu

Buah tanaman Kencana Ungu sering menjadi hiburan dan mainan bagi anak-anak. Selain itu, daun tanaman ini ternyata dapat bermanfaat bagi kesehatan kita, lo. Misalnya sebagai obat radang, menyembuhkan batuk, menghilangkan gatal-gatal karena alergi atau gigitan serangga, serta baik untuk pernapasan.

Apakah teman-teman pernah menemukan tanaman ini di sekitar rumah?