Inilah Asteroid Besar yang Berbahaya bagi Kehidupan di Bumi

By Cirana Merisa, Jumat, 1 Desember 2017 | 07:30 WIB
3200 Phaethon merupakan asteroid berukuran 5 kilometer. (Cirana Merisa)

Setelah tata surya kita dikunjungi oleh asteroid alien, sekarang saatnya asteroid yang berasal dari tata surya kita yang mengunjungi Bumi. Namanya asteroid 3200 Phaethon. Namun menurut NASA, asteroid ini berbahaya, lo.

Asteroid 3200 Phaethon

Benda langit ini yang berukuran besar sekitar 5 kilometer ini berasal dan menjelajah tata surya kita. 3200 Phaethon mengelilingi Matahari setiap 1,4 tahun di jalurnya sendiri yang melewati orbit planet-planet, termasuk orbit Bumi. Maka itu, asteroid ini bisa melintas sangat dekat dengan Bumi.

Baca juga: Kunjungan Asteroid Alien ke Tata Surya Kita

Ilmuwan memperkirakan bahwa punahnya dinosaurus pada zaman dulu disebabkan oleh asteroid yang jatuh ke Bumi. Ukuran asteroid itu sekitar 2 kalinya asteroid 3200 Phaethon. Maka itu, NASA memasukkan asteroid 3200 Phaethon ini sebagai asteroid kategori yang berpotensi berbahaya.

Hujan Meteor Geminid

Asteroid ini juga ternyata menyebabkan hujan meteor. Biasanya hujan meteor merupakan hasil dari puing-puing komet yang menyentuh atmosfer Bumi dengan sangat cepat. Namun lain halnya dengan hujan meteor Geminid yang berasal dari puing-puing debu asteroid 3200 Phaethon. Hujan meteor ini akan terlihat kira-kira antara tanggal 4 sampai 17 Desember setiap tahunnya.

Baca juga: Menikmati Geminid, Raja Hujan Meteor

Jarak Terdekat

Pada tanggal 16 Desember nanti, asteroid ini akan berada dalam jarak sekitar 10 juta kilometer dari Bumi. Menurut kita, jarak itu sangat jauh ya, tapi menurut para astronom, jarak itu sangat dekat, lo.

Setelah kunjungannya pada pertengahan Desember nanti, 3200 Phaethon tidak akan terlalu dekat dengan Bumi. Namun NASA memperkirakan pada tahun 2093, asteroid ini akan mencapai titik terdekatnya dengan Bumi, yaitu sekitar 2 juta kilometer.